Rabu, 14 Februari 2018 17:42

Catat, Mulai Besok Tarif Tol Naik Semua

Reporter : Fery Bangkit 
Gerbang Tol.
Gerbang Tol. [Limawaktu]

Limawaktu.id,– Tengah malam besok, tepatnya 15 Februari 2018 pukul 00.00 WIB, tarif ruas Jalan tol purbaleunyi dan Tol Cipularang akan mengalami kenaikan.

Pada ruas tol Cipularang, kenaikan tarif akan berkisar antara Rp500 hingga Rp7.000. Sedangkan pada ruas tol Purbaleunyi, kenaikan tarif akan berkisar Rp500 hingga Rp1.000.

Kenaikan tarif tersebut berdasarkan Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Nomor 96/KPTS/M/2018 Tentang Penyesuaian Tarif Jalan Tol Padalarang-Cileunyi dan dan Keputusan Menteri PUPR No. 97/KPTS/M/2018 Tentang Penyesuaian Tarif Jalan Tol Cikampek-Purwakarta-Padalarang.

Sebagai contoh, tarif tol dari Gerbang Tol Baros ke Pasteur, dipatok Rp 2.500 untuk golongan I, yang sebelumnya seharga Rp2000. Dari Padalarang menuju Pasteur menjadi Rp3.500, Pasteur menuju Cileunyi menjadi Rp9.500.

Berdasarkan informasi, penyesuaian tarif di Jalan didasari oleh laju inflasi di wilayah Bandung. Besaran inflasi periode Oktober 2015 hingga September 2017 di wilayah Bandung sebesar 6,30 persen.

Berdasarkan pantauan di Gerbang Tol Baros II, Cimahi, banyak pengendara yang belum mengetahui perihal rencana kenaikan tarif tol. Namun dari beberapa pengendara yang sempat ditanya, kebanyakan menolak kenaikan tersebut.

"Di gerbang tol juga tidak ada sosialisasi, harusnya kan pemberitahuan beberapa hari sebelumnya. Nanti kalau sudah ada kenaikan, kami pasti kaget. Harusnya tidak begitu, kalau mau ada perubahan harus terbuka," ungkap seorang pengendara, Yogi Dwi Aryanto (28), Selasa (14/2/2018).

Pengendara lainnya, Bambang (46), berharap keputusan PT. Jasa Marga untuk menaikkan tarif tol.bisa ditunda atau bahkan dibatalkan. Kendati kenaikan hanya sedikit, namun karena dirinya setiap hari menggunakan ruas tol untuk pergi bekerja, maka akan terasa dampaknya.

"Mau naiknya hanya Rp2000 atau Rp500, tapi yang namanya setiap hari digunakan, pasti terasa. Bukan masalah naiknya, tapi kan fasilitas yang diberikan juga harus disesuaikan. Apakah sampai saat ini fasilitas memadai? Untuk saya pribadi, masih belum," jelasnya.

Berikut data Tarif Baru Ruas Tol Purbaleunyi (Jasa Marga):

Tarif Baru Ruas Tol Purbaleunyi.
Tarif Baru Ruas Tol Purbaleunyi.

 

Baca Lainnya