Sabtu, 18 Agustus 2018 18:05

Cara Warga Cimahi Tumbuhkan Rasa Nasionalisme di HUT RI Ke-73

Reporter : Fery Bangkit 
Replika berupa burung garuda raksasa. Ukurannya mencapai 3x4 meter.
Replika berupa burung garuda raksasa. Ukurannya mencapai 3x4 meter. [Fery Bangkit/Limawaktu]

Limawaktu.id, - Beragam cara dilakukan masyarakat untuk berpartisipasi dalam peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Cimahi ke-73.

Di Kota Cimahi, warga RW 16 Kelurahan Cibabat, Kecamatan Cimahi Utara, Kota Cimahi membuat replika berupa burung garuda raksasa. Ukurannya mencapai 3x4 meter.

Baca Juga : Warga Cibabat Rayakan HUT RI dengan Melukis Mural

Ketua RW 16 Kelurahan Cibabat, Opon Suparman (47) mengatakan, replika burung garuda raksasa ini sengaja dibuat untuk meningkatkan rasa Nasionalisme. Terlebih lagi menurutnya, rasa nasionalisme warganya mulai memudar.

“Burung garuda raksasa ini sengaja kami buat karena burung garuda adalah lambang Negara kita, agar rasa nasionalisme warga juga kembali terpupuk,” kata Opon, Sabtu (18/8/2018).

Baca Juga : Ratusan Warga Binaan Lapas Sukamiskin Bandung Diusulkan dapat Remisi HUT RI ke-73

Replika lambang negara tercinta itu sempat diarak dan menjadi pusat perhatian warga sekitar.

Makna lain dari burung garuda raksasa ini, jelas Opon, agar warga kembali mengingat dan memahami makna semboyan BhinekaTunggal Ika yang berada pada burung garuda, bahwa merebut dan mempertahankan kemerdekaan RI tidak hanya dilakukan oleh satu golongan saja, tapi dilakukan oleh berbagai suku, golongan, dan ras di Indonesia.

Baca Juga : M Nazarudin Diusulkan dapat Remisi HUT RI ke-73

“Agar warga juga memahami bahwa dalam merebut dan mempertahan kemerdekaan RI tidak akan bisa dilakukan oleh satu orang saja, tapi oleh seluruh elemen masyarakat dari berbagai golongan, suku, dar Ras,” lanjut Opon.

Dalam kegiatan tersebut berbagai kesenian dan budaya juga ditampilkan sebagai simbol kekayaan bumi nusantara. “penampilan kesenian dan budaya juga ditampilkan sebagai simbol kekayaan bumi nusantara,” pungkas Opon.

Agenda yang dirancang oleh RW 16 tersebut justru tidak hanya diikuti oleh warga rw 16 saja tapi juga oleh RW lain hingga peserta mencapai ratusan dari berbagai kalangan. Kegiatan tersebut berlangsung meriah dengan dikawal oleh petugas kepolisian.

Baca Lainnya