Rabu, 31 Juli 2019 14:54

Cara Simpel Pinjam Buku Online Lewat 'eLib Kota Cimahi'

Penulis : Fery Bangkit 
Perpustakaan Umum Kota Cimahi.
Perpustakaan Umum Kota Cimahi. [ferybangkit]

Limawaktu.id - Ada yang unik saat Anda ingin meminjam buku di Kota Cimahi. Jika dulu masyarakat biasa membaca buku secara manual atau datang langsung ke perpustakaan, maka sekarang sudah bisa dilakukan secara online atau daring.

Untuk bisa meminjam buku yang dikelola Perpustakaan Kota Cimahi, masyarakat cukup men-download aplikasi E-Library melalui Play Store untuk pengguna Android dan App Store untuk pengguna iOS dengan mengetik 'eLib Kota Cimahi'.

Wali Kota Cimahi, Ajay Muhammad Priatna mengatakan, aplikasi tersebut untuk mengajak masyarakat Kota Cimahi meningkatkan budaya membaca, khususnya ibu-ibu agar memanfaatkan smartphone yang dimilikinya tak hanya digunakan untuk bermedia sosial.

"Namun juga dapat membaca buku digital untuk menambah wawasan, keterampilan maupun ilmu pengetahuan dalam mendampingi anak-anaknya dengan aplikasi yang sama dengan yang disediakan Perpustakaan Umum Kota Cimahi," ujarnya, Rabu (31/7/2019).

Wali Kota Cimahi, Ajay Muhammad Priatna

Dikatakannya, eLib Kota Cimahi adalah aplikasi perpustakaan digital milik Pemerintah Kota (Pemkot) Cimahi. eLib Kota Cimahi memiliki ribuan koleksi ebook yang dilengkapi dengan eReader untuk membaca ebook secara nyaman.

Masyarakat yang sudah menjadi pengguna akun pinjam buku online itu bisa memilih kategori buku yang sesuai dengan hanya bermodalkan smartohone

"Jadi bisa pinjam dan baca hanya dengan smartphone secara cepat, dimana saja, kapan saja," jelasnya.

Kepala Dinas Komunikasi Informasi Arsip dan Perpustakaan (Diskominfo) Kota Cimahi, Harjono menambahkan, sejauh ini sudah ada 1.000 judul buku, dengan total 2.000 lebih eksemplar yang bisa dipinjam dan dibaca secara online.

"Tapi untuk tahun-tahun yang akan datang jumlah bukunya akan terus bertambah," katanya.

Dikatakan Harjono, sejauh ini masih ada keterbatasan dari sistem buku daring yang dikelolanya. Diantaranya keterbatasan jumlah eksemplar buku yang hanya bisa dipinjam maksimal tiga akun untuk setiap judul. "Kan per judul itu, hanya ada 3 eksemplar buku," ucap Harjono.

Kemudian, sistem pendaftarannya pun setelah masyarakat mengunduh eLib Kota Cimahi tetap harus mendatangi Perpusataan Kota Cimahi di Jalan Daeng Moh Ardiwinata untuk meperoleh akun. Setelah itu, barulah masyarakat bisa menikmati buku lewat smartphone secara gratis.

"Saya berpikir, bagaimana caranya daftar tapi tidak harus datang ke perpustakaan. Jadi tinggal daftar online. Itu akan kami perbaiki ke depan," jelas Harjono.

Kepala Dinas Komunikasi Informasi Arsip dan Perpustakaan (Diskominfo) Kota Cimahi, Harjono

Sejauh ini, lanjut Harjono, baru ada 191 akun yang terdaftar dalam eLib Kota Cimahi. Pihaknya berharap ke depan minat masyarakat Kota Cimahi untuk mendaftar lalu membaca buku secara online bisa bertambah. Khususnya setelah ada inovasi dan perbaikan nanti.

Sebab, ujar Harjono, ada satu kelebihan dari layanan aplikasi ini. Yakni masyarakat dapat membaca dan menikmati buku digital setelah melakukan peminjaman melalui aplikasi tanpa dikenakan kuota internet.

Baca Lainnya