Jumat, 3 Mei 2019 13:05

Cara Dispangtan Cimahi Tangkal Gejolak Harga di Pasar

Reporter : Fery Bangkit 
Nana (65), Salah Seorang Pedagang Sayuran Di Pasar Atas Baru
Nana (65), Salah Seorang Pedagang Sayuran Di Pasar Atas Baru [ferybangkit]

Limawaktu.id - Jelang bulan suci Ramadhan 1440 Hijriyah, kebutuhan dan kecukupan pangan menjadi perhatian dari Dinas Pangan dan Pertanian (Dispangtan) Kota Cimahi.

Untuk memastikan ketersediaan pangan aman selama bulan puasa sampai Idul Fitri, pihaknya bersama jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait di lingkungan Pemkot Cimahi bakal turun ke pasar dalam waktu dekat ini.

Baca Juga : Curah Hujan Tinggi Picu Kenaikan Harga Tomat di Petani dan Pasar

"Insya Alloh segera meluncur. Tim sudah dibentuk. Kita akan ke pasar mengecek kebutuhan pangan," ujar Kepala Dispangtan Kota Cimahi, Supendi Heriyadi saat ditemui di Pemkot Cimahi, Jalan Rd. Hardjakusumah, Jumat (3/5/2019).

Biasanya, permintaan pangan seperti beras, daging ayam, daging sapi dan pangan lainnya akan meningkat memasuki bulan Ramadhan. Hal itu seiring naiknya kebutuhan masyarakat akan pangan. Apalagi jelang Idul Fitri nanti.

Baca Juga : Pasca Pemilu dan Jelang Bulan Ramadhan, Harga Komoditas Pangan di Cimahi Mulai Naik

Untuk itu, kata Supendi, pihaknya akan selalu melakukan monitor ketersediaan dan gejolak pangan di lapangan. "Iya kita cek ke lapangan keseimbangan, kestabilan, ketersediaan bahan pokok untuk bulan puasa dan menjelang Idul Fitri," katanya.

Selain soal ketersediaan pangan, pihaknya juga bakal mengantisipasi peredaran daging celeng yang dioplos dengan daging sapi. Pihaknya akan melakukan pemeriksaan penjualan daging di pasar-pasar.

Baca Juga : Jelang Ramadhan Penjualan Merosot, Pedagang Keluhkan Mahalnya Harga Bawang

Tapi berdasarkan catatan tahun lalu, kata Supendi, di Kota Cimahi ini tidak pernah ditemukan adanya daging oplosan. Ia memastikan Ramadhan tahun ini pun tidak akan ada pedagang nakal yang menjual daging oplosan.

"Iya termasuk itu sesuai (pemeriksaan daging), sesuai tugas pokok dan fungsi kita," ucap Supendi.

Sebelumnya, Kepala Dinas Perdagangan Koperasi UMKM dan Perindustrian Kota Cimahi, Adet Chandra Purnama mengatakan, pihaknya bakal terus melakukan pemantauan dan monitoring harga di lapangan. Terutama jelang Ramadhan dan Idul Fitri.

"Kita masih tetap monitoring, bekerja sama dengan UPT Pasar," katanya.

Berdasarkan pantauan dari situs uptpasar.cimahikota.go.id, Jumat (3/5/2019), harga beras medium masih dikisaran Rp9.847/kilogram, beras premium Rp12.067/kilogram, bawang merah Rp32.500/kilogram, bawang putih Rp66.667/kilogram, daging sapi Rp113.333/kilogram, daging ayam Rp35.667/kilogram.

Baca Lainnya