Rabu, 28 Agustus 2019 13:44

Cara Cegah Korsleting Listrik yang Bisa Picu Kebakaran

Reporter : Fery Bangkit 
kebakaran di Kota Cimahi. dua hari yang lalu
kebakaran di Kota Cimahi. dua hari yang lalu [Fery Bangkit]

Limawaktu.id - Peristiwa kebakaran yang terjadi pada dua sebuah rumah tinggal di Kota Cimahi disebabkan masalah yang sama. Yakni korsleting listrik yang terjadi karena adanya hubungan arus pendek sehingga menghasilkan panas.

Seperti diketahui, dalam dua hari terakhir ada dua peristiwa kebakaran yang terjadi di Kota Cimahi. Senin (26/8/2019), kebakaran menimpa Mes TNI di Jalan Leuwi Muncang RT 03/13 Kelurahan Karang Mekar Kecamatan Cimahi Tengah.

Kemudian pada Selasa (27/8/2019) sekitar pukul 04.00 WIB, kebakaran juga terjadi di sebuah rumah tinggal di Jalan Amir Mahmud Gang Warga Asih RT 01/10 Kelurahan Setiamanah Kecamatan Cimahi Tengah. Penyebabnya diduga adanya hubungan arus pendek atau korsleting.

Manajer Bagian Jaringan Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Perusahaan Listrik Negara (PLN) Cimahi, Arrafat Alfarizi mengatakan, untuk meminimalisir terjadinya kebakaran akibat korsleting listrik, pelanggan wajib melakukan pemeriksaan instalasi listrik secara berkala oleh Lembaga Inspeksi Listrik (LIT). "Jangan sampai (pelanggan) masang listik daya berapa ternyata instalasi listriknya gak sesuai standar. Kabelnya yang gak jelas sesuai SNI," jelas Arrafat saat dihubungi via sambungan telepon, Selasa (27/8/2019).

Ia mengatakan, pemeriksaan berkala instalasi listrik yang dilakukan lembaga resmi disesuaikan dengan pelanggan. Misalkan untuk pelanggan rumah tingggal dan bangunan komersil itu harus dilakukan pemeriksaan lima tahun sekali. "Nah itu yang bisa menentukan layak atau tidak ada LIT, nanti dia menerbitkan SLO (Surat Laik Operasi)," terangnya.

Arrafat menjelaskan, pemeriksaan instalasi listrik sangat penting dilakukan untuk memastikan keamanan sambungan listrik pelanggan. Hal itu diyakini akan mengurangi risiko kebakaran yang disebabkan oleh korsleting listrik.

"(Jangan sampai ada) kabelnya yang terkelupas. (Kalau ada) ada kertas di situ misalnya paling gampang (terbakar)," terang Arrafat.

Selain itu, pihaknya juga meminta masyarakat untuk tidak melakukan pencurian listrik pada instalasi resmi yang dipasang PLN. Sebab itu bisa membahayakan, bahkan bisa memicu terjadinya kebakaran.

"Bijak menggunakan listrik. Untuk mengantispasi terjadinya korsleting arus listrik pelanggan agar memeriksakan installasi listriknya kepada yang berwenang mengurus installasi listrik dan jangan mencuri listrik," pungkasnya.

Komandan Regu (Danru) pada Satpol PP dan Pemadam Kebakaran Kota Cimahi, Indrahadi mengatakan, salah satu penyebab kebakaran yang kerap terjadi itu dipicu hubungan arus pendek atau korsleting listrik. "Memang kebanyakan itu dugaannya dari korsleting listrik," kata dia. 

Baca Lainnya