Senin, 3 Juni 2019 12:29

Capai 100 Ribu Per Hari, Pemudik yang Melintas di Cimahi Didominasi Arah Priangan Timur

Reporter : Fery Bangkit 
Lalu Lintas Di Alun-Alun Cimahi. [Ferybangkit]
Lalu Lintas Di Alun-Alun Cimahi. [ferybangkit]

Limawaktu.id - Hingga H-2 Idul Fitri 1440 Hijriyah, jumlah kendaraan yang masuk dan melintas di Kota Cimahi dari arah Cianjur-Padalarang rata-rata mencapai 80 ribu hingga 100 ribu per harinya.

Kepala Bidang Lalu Lintas Dinas Perhubungan Kota Cimahi, Endang, mengatakan, dari H-7 hingga H-3 jumlah kendaraan yang melintas itu tergolong masih stabil. Hanya saja ada peningkatan pada H-5 yang jumlahnya mencapai 106.255 ke kendaraan.

Baca Juga : Lepas Pemudik Gratis, Ajay:Selamat Jalan!

"Rata-rata kendaraan yang melintas Kota Cimahi menuju timur didominasi plat nomor Jakarta, Bogor dan Plat nomor Priangan Timur atau Z, jumlahnya kurang lebih 80 hingga 100 ribu per hari," terang Endang saat dihubungi melalui sambungan telepon, Senin (3/5/3019).

Dalam penghitungan jumlah kendaraan yang melintas ke Kota Cimahi selama arus mudik tahun ini, kata Endang, pihaknya masih menggunakan Traffic Counting. Alat penghitung jumlah kendaraan yang melintas itu disiapkan di dua titik sepanjang Jalan Amir Machmud, Kota Cimahi.

Baca Juga : Mudiknya 5 Orang, Balik ke Cimahi Jangan jadi 10 Orang!

"Penghitungan jumlah kendaraan yang melintas itu dilakukan setiap hari menggunakan alat Traffic Counting yang disediakan di Alun-alun Cimahi dan Kebon Kopi," jelasnya.

Endang mengatakan, penghitungan tersebut dilakukan mulai pukul 06.00 WIB hingga pukul 21.00 WIB. Berdasarkan hasil penghitungan didominasi oleh kendaraan roda dua dengan jumlah rata-rata 60 ribu hingga 90 ribu atau sekitar 80 persen per hari.

Baca Juga : Kondisi Terkini Lalu Lintas di Cimahi dan KBB Jelang Lebaran

"Memang kendaraan yang melintas saat arus mudik dari arah Barat ke arah Timur masih didominasi kendaraan roda dua," ucapnya.

Terkait kepadataan kendaraan selama arus mudik untuk di kawasan Kota Cimahi kerap terjadi pada sore hingga malam hari, sedangkan dari pagi hingga siang hari masih ramai lancar.

Baca Lainnya