Selasa, 12 Juni 2018 16:36

Cabai Tanjung di Cimahi Sentuh Rp 80 Ribu/kg

Reporter : Fery Bangkit 
Salah seorang pedagang cabai di pasar.
Salah seorang pedagang cabai di pasar. [Limawaktu]

Limawaktu.id,- H-3 lebaran 2018, harga komiditas cabai jenis tanjung mengalami kenaikan drastis.

Sebelumnya, cabai berukuran besar itu rata-rata harganya Rp40.000/kilogram, namun mendekati lebaran, harganya naik menjadi Rp80.000/kilogram.

Baca Juga : Hadapi Arus Mudik, Dishub Kota Cimahi tak Fungsikan Traffic Counting, ini Alasannya

Akibat melejitnya harga cabai tanjung itupun berimbas pada penjualan. Nanah (58), salah seorang edagang cabai di Pasar Atas Cimahi mengaku terpaksa menjual harga cabai tanjung dengan harga tinggi. Pasanya, ia membeli dari Pasar Caringin dengan harga kisaran Rp 70.000/kilogram.

"Jadi pembelian juga harus saya kurangi karena mahal, biasanya membeli 10 kilogram dari Pasar Caringin, sekarang hanya mampu membeli 3 kilogram," ungkapnya, Selasa (12/6/2018).

Baca Juga : Layanan Tambahan Bikin KTP di Cimahi Tetap Buka Selama Cuti Bersama

Meski mahal, kata dia, masyarakat tetap memilih cabai tanjung untuk hidangan saat lebaran, namun pembeliannya tidak banyak seperti harganya masih standar.

"Hari-hari sebelumnya, masyarakat membeli cabai ini biasanya paling kecil itu 1 kilogram bahkan ada yang membeli hingga 3 kilogram," ujarnya.

Baca Juga : Pemkot Cimahi Berangkatkan Ratusan Pemudik Gratis Semarang-Solo

Sementara untuk harga cabai yang lain hingga saat ini kenaikannya tidak terlalu signifikan, untuk cabai keriting merah Rp45.000/kilogram, cabai kering hijau Rp35.000/kilogram, cabai rawit merah dan hijau harganya Rp45.000/kilogram.

Sementara itu, Kepala Pasar Atas Cimahi, Supriadi mengatakan, kenaikan harga cabai tersebut memang mencapai 100%. Namun, mahalnya harga cabai dinilai wajar terjadi jelang lebaran.

Baca Juga : Senyum Bahagia Warga Cimahi Ikut Mudik Gratis Dinas Perhubungan

"Kemarin-kemarin harganya masih Rp 40 ribu hari ini harganya sudah mencapai Rp 80 ribu. Memang tahun lalu juga harga cabai tanjung kerap melonjak," ujar Supriadi.

Dikatakannya, kenaikan harga cabai tanjung tersebut dipicu akibat permintaan konsumen menjelang lebaran terus meningkat tetapi pasokan untuk pedagang sudah mulai berkurang.

Supriadi mengatakan, biasanya masyarakat menggunakan cabai tanjung untuk hidangan lebaran memang banyak lantaran teksturnya lebih baik jika dibandingkan dengan cabai yang lain.

Atas hal itu, kata Supriadi, kenaikan harga cabai merah yang signifikan tersebut bisa dibilang wajar ketika menjelang H-3 lebaran, sebab beberapa hari sebelumnya permintaan dari konsumen semakin banyak.

"Saat harganya masih Rp 40 ribu, permintaan konsumen banyak, satu orang saja bisa membeli 2 hingga 3 kilogram sehingga pasokan setiap harinya terus berkurang," katanya.

Baca Lainnya