Selasa, 7 Agustus 2018 14:33

Butuh Ongkos Ratusan Juta untuk jadi Anggota DPRD Kota Cimahi

Reporter : Fery Bangkit 
Ketua DPD Partai Perindo Kota Cimahi, Asep Taryana.
Ketua DPD Partai Perindo Kota Cimahi, Asep Taryana. [Limawaktu]

Limawaktu.id - Untuk menuju kursi DPRD tingkat Kota Cimahi, tidaklah gratis. Butuh anggaran ratusan juta rupiah bagi per Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) khusus di Cimahi.

Hal tersebut pun amini Ketua DPD Partai Perindo Kota Cimahi, Asep Taryana saat ditemui di kantornya, Jalan Sangkuriang, Selasa (7/8/2018).

Khusus bagi Partai Perindo Kota Cimahi, kata Asep, berdasarkan penghitungan internal partai dan para Bacaleg dari DPD Partai Perindo Kota Cimahi, untuk anggaran dalam kampanye Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019 mencapai Rp 5 miliar untuk semua calon.

"Udah kita lempar ke semua Dapil sampai ketemu nilainya Rp 5 miliar untuk keluar jadi pemenang," beber Asep.

Jika dipetakan lagi dari Rp 5 miliar dibagi untuk 45 Bacaleg yang didaftarkan Partai Perindo ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Cimahi, maka sedikitnya per Bacaleg harus memiliki dana sekitar Rp 111 juta.

Menurut Asep, anggaran ratusan juta per Bacaleg itu tergolong masih minim untuk kebutuhan sosialisasi para calon. Selain untuk kebutuhan sosialisasi seperti pemenuhan makanan dan minuman, juga untuk kebutuhan pembuatan Alat Peraga Kampanye (APK) dan persiapan penghitungan prediksi sebelum hari H Pileg 2019.

Asep menjelaskan, dana kampanye ratusan juta itu semuanya akan dipegang para Bacaleg. Sedangkan tugas partai hanya memanage dan menerima laporan pengeluaran dana kampanye.

"Diambil kesepatakan dengan Bacaleg, APK dan sebagainya dihandle masing-masing. Kita hanya menerima laporan saja dan dilaporkan ke KPU," terang Asep.

Perihal mahar politik untuk menjadi Bacaleg Partai Perindo, Asep menegaskan sejak awal, pihaknya tak meminta mahar kepada semua Bacaleg.

"Kalau di Perindo diintruksikan itu tidak boleh ada mahar politik karena hal seperti itu. Forumulir aja gak boleh dijual, gratis," tegasnya.

Untuk uang saksi, bagi keseluruhan Bacaleg di Kota Cimahi, kata Asep, semuanya akan ditanggung oleh partai.

"Saksi di TPS dibantu parpol. Anggarannya dari pusat," tandasnya.

Baca Lainnya