Jumat, 1 Mei 2020 15:14

Buruh Cimahi Soroti Korupsi Akar Permasalahan di Indonesia

Penulis : Bubun Munawar
Aliansi Serikat Buruh dan Serikat Pekerja Kota Cimahi saat menggelar jumpa pers, belum lama ini
Aliansi Serikat Buruh dan Serikat Pekerja Kota Cimahi saat menggelar jumpa pers, belum lama ini [Net]

Limawaktu.id- Praktek KORUPSI dan suap menjadi sorotan serius Aliansi Serikat Buruh dan Serikat Pekerja (SB/SP)  Kota Cimahi, saat Peringatan Hari Buruh Internasional atau yang lebih dikenal dengan May Day.

Juru Bicara Aliansi Serikat Buruh dan Serikat Pekerja Kota Cimahi Asep Djamaludin dalam siaran persnya menyatakan, ditengah masih buruknya sistem ketenaga kerjaan, tidak satupun lembaga milik pemerintah yang bersih dari korupsi, dimana praktek korupsi dan penyuapan telah terorganisir secara rapi dalam kelompok-kelompok yang saling menguntungkan.

"Praktek korupsi dan penyuapan di Negeri ini telah melembaga hingga adanya mafia anggaran, mafia hukum, mafia pajak bahkan KPU sekalipun tidak luput dari tangan para mafia," terangnya, Jum'at (1/5).  
Dia menyimpulkan, akar segala persoalan di Negeri ini adalah KORUPSI. Tidak ada Negara yang Sejahtera, Berkeadilan, Bermartabat, Beradab dan Demokratis jika KORUPSI telah menjadi penyokong utama kekuatan politik. Karenanya Aliansi SB/SP di Kota Cimahi menuntut agar Pembahasan RUU Omnibus Law Cipta Kerja dibatalkan, pembatalan program kartu prakerja, hentikan PHK yang mengatasnamakan pandemi Covid-19.

"Kami juga mendesak agar buruh diliburkan sampai berakhir pandemi Covid-19  dengan tetap  dibayar upah dan THR," sebutnya.

Tak hanya itu, Aliansi SB/SP Cimahi juga menutut pemerintah segera menanggulangi dampak penyebaran Covid-19 dan mencabut Peraturan Presiden Nomor 20 Tahun 2018 Tentang Tenaga Kerja Asing dan meminta pemerintah menurunkan harga Bahan Bakar Minyak (BBM).

Pernyataan Sikap Aliansi SB/SP Kota Cimahi ini ditandatangani Edi Suherdi,  Ketua DPC KSPSI Kota Cimahi, Asep Djamaludin, Ketua DPC SBSI’92 Kota Cimahi, Ganjar, Ketua DPC SPN Kota Cimahi  dan Jujun Juansah, Ketua  PC FSPMI Kota Cimahi.

Baca Lainnya