Selasa, 7 November 2023 21:00

Bupati Bandung Dadang Supriatna Raih Gelar Doktor, Kenang Pesan Mendiang Ibu dengan Haru

Penulis : DP
Bupati Bandung Dadang Supriatna meraih gelar Doktor Ilmu Ekonomi dengan Konsentrasi Ilmu Sumber Daya Manusia setelah mengikuti prosesi wisuda Program Doktor Universitas Trisakti .
Bupati Bandung Dadang Supriatna meraih gelar Doktor Ilmu Ekonomi dengan Konsentrasi Ilmu Sumber Daya Manusia setelah mengikuti prosesi wisuda Program Doktor Universitas Trisakti . [Pemkab Bandung]

Limawaktu.id, Jakarta - Bupati Bandung Dadang Supriatna resmi menyandang gelar Doktor Ilmu Ekonomi dengan Konsentrasi Ilmu Sumber Daya Manusia usai mengikuti prosesi wisuda Program Doktor Universitas Trisakti pada Selasa, 7 November 2023. Dadang diwisuda langsung oleh Rektor Universitas Trisakti, Prof. Dr. Ir. Kadarsah Suryadi, DEA, bersama lebih dari 1.500 wisudawan dan wisudawati dari berbagai program di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta.

Dalam acara tersebut, Dadang didampingi oleh istri tercinta, Emma Dety Dadang Supriatna, anak-anak, dan keluarga besar. Meski disibukkan dengan tugas sebagai Bupati, Dadang berhasil menyelesaikan Pendidikan S3-nya. Disertasinya yang berjudul *Pengaruh Servant Leadership, Organizational Culture, Information and Communication Technology terhadap Employee Performance melalui Absorptive Capacity dengan Work Discipline dan Employee Competence sebagai Variabel Moderasi Pada ASN Bandung Metropolitan* membawanya meraih gelar Doktor dengan yudisium sangat memuaskan.

"Saya sangat bersyukur kepada Allah SWT atas segala nikmat yang telah Allah berikan kepada saya. Saya juga berterima kasih kepada kedua orangtua saya, walau sudah meninggal. Tapi saya yakin doa mereka terus mengalir kepada saya," ungkap Dadang dengan mata berkaca-kaca saat mengenang mendiang ibunya.

Momen emosional itu terjadi ketika Dadang teringat pesan ibunya sebelum meninggal. "Saya teringat mendiang ibu saya, malam sebelum meninggal menyampaikan kepada saya. Bungsu, maneh mah hayang naon wae, bakal laksana (Bungsu, apapun yang kamu inginkan bakal tercapai). Saya sangat yakin dengan doa ibu karena sangat mustajab," kenang politisi PKB itu.

Dadang juga menyampaikan terima kasih kepada istrinya, Emma Dety, anak-anaknya, keluarga besar, para sahabat, ASN Pemkab Bandung, serta seluruh masyarakat Kabupaten Bandung yang telah memberikan dukungan hingga dirinya berhasil menyandang gelar Doktor. Dadang mengakui bahwa kuliahnya sempat terjeda karena Pilbup Bandung 2020, pandemi Covid-19, dan padatnya kesibukan setelah menjadi Bupati.

Beruntung, dukungan penuh dari keluarga dan sahabat, terutama H. Cucun Ahmad Samsurijal, Ketua Fraksi PKB DPR RI asal Kabupaten Bandung, menjadi motivasi besar bagi Dadang. "Kang Haji Cucun selalu memotivasi, balap Pak Bupati katanya. Alhamdulillah akhirnya sama-sama berjuang dan akhirnya walaupun dalam kondisi pandemi, banyak kesibukan, tapi saya selalu punya keyakinan, dengan kerja keras apapun bisa diraih," ujar Ketua PKB Kabupaten Bandung tersebut.

Dadang berharap ilmu yang diperolehnya dapat diimplementasikan untuk kemajuan dan peningkatan pelayanan masyarakat Kabupaten Bandung. "Saya ingin mempersembahkan gelar Doktor ini bagi warga Kabupaten Bandung. Semoga ilmu saya ini dapat bermanfaat untuk kebaikan dan kemaslahatan warga Kabupaten Bandung. Berbagai ilmu yang saya peroleh akan saya terapkan untuk kemajuan Kabupaten Bandung," ungkapnya.

Saat ini, Dadang juga tengah mengikuti kursus kepemimpinan internasional yang diselenggarakan oleh Lemhanas Republik Indonesia, sebagai bagian dari upayanya untuk terus meningkatkan kapasitasnya dalam memimpin Kabupaten Bandung.

Baca Lainnya

Topik Populer

Berita Populer