Sabtu, 19 Mei 2018 12:36

Bule Prancis Belajar Puasa di Bandung Barat

Reporter : Fery Bangkit 
Manon Borie, warga asal Montpellier, Perancis.
Manon Borie, warga asal Montpellier, Perancis. [Limawaktu]

Limawaktu.id,- Perbedaan bahasa, agama dan budaya tidak menyurutkan Manon Borie, warga asal Montpellier, Perancis untuk belajar kehidupan warga desa.

Sejak 13 April 2018, bule berusia 27 tahun itu menetap di Kampung Batulonceng, Desa Suntenjaya, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat (kbb) untuk belajar semua aspek kehidupan. Termasuk budaya dan keagamaan.

Baca Juga : Satgas Pangan Siap Tindak Tegas Penimbun Kepokmas di Cimahi

Manon sendiri merupakan satu relawan yang ikut dalam Gerakan Kerelawanan Internasional (Great). Setiap tahun organisasi nonpemerintah ini mengirim warga negara asing yang ingin belajar tentang kehidupan warga desa, khususnya di Kampung Batulonceng.

Sejak hadir di Kampung Batulonceng, keberagaman budaya dan agama di Indonesia telah menarik perhatian bagi warga asing. Rentetan aksi bom bunuh diri yang terjadi di Surabaya dan Sidoarjo sama sekali tak berpengaruh bagi Manon.

Baca Juga : Harga Ayam Naik, Pedagang Menjerit

Tinggal di negara dengan populasi umat muslim terbesar di dunia, Manon tidak merasakan hidup sebagai minoritas, bahkan dirinya merasa diperlakukan sangat baik oleh warga setempat.

"Orang di sini ramah-ramah, meski saya bukan muslim dan kebudayaan antara orang Indonesia dan Perancis sangat jauh berbeda, saya bisa diterima dengan baik sebagai pendatang di kampung ini," kata Manon, menggunakan Bahasa Inggris saat ditemui, Sabtu (19/5/2018).

Baca Juga : Selama Ramadan, 300 Takjil Gratis Dibagikan di Masjid Agung Cimahi

Dimata Manon, aksi teror yang terjadi di Indonesia bukan dilakukan oleh orang-orang muslim. Pasalnya, sudah dirasakannya sendiri bahwa umat beragama di tanah air sangat menjunjung toleransi. Menurutnya, agama Islam hanya dijadikan alat oleh pelaku terorisme untuk memecah belah perdamaian.

"Pada mulanya, saya merasa teroris adalah kegiatan umat muslim, dan yang melakukan orang muslim. Tapi sekarang, saya alami langsung bagaimana hidup di tengah-tengah orang muslim, ternyata di sini, toleransi antar umat beragamanya tinggi, orang-orangnya bisa menerima perbedaan," ujarnya.

Baca Juga : Cek nih Jadwal Lengkap Tarling Ajay-Ngatiyana

Selama tinggal di Batulonceng, kata Manon dirinya melakukan berbagai aktivitas bersama warga sekitar, seperti berkebun, mengajarkan bahasa Inggris kepada anak-anak setempat, dan membantu warga memanen palawija serta kopi tanpa paksaan.

Selain itu, Manon memutuskan akan mencoba untuk ikut berpuasa, bersama masyarakat sekitar. Dikatakannya, dengan berpuasa, adalah tantangan baru baginya.

Baca Juga : Satpol Larang Ormas/LSM Sweeping Ilegal di Warung Makan

"Saya datang dari Perancis dengan perbedaan agama dan budaya, masyarakat sangat menjunjung perbedaan itu. Toleransi antarumat beragama di sini sangat bagus," kata wanita berparas cantik dan berambut pirang ini.

Perbedaan agama dan ras, lanjutnya dapat membuat satu sama lain semakin rukun dan menjunjung tinggi toleransi, sehingga tak terjadi perseteruan yang mengatasnamakan perbedaan. Sebab, keberagaman budaya dan agama merupakan salah satu kekayaan dan kebanggaan yang harus terus terjaga.

"Saya banyak bercerita tentang kebudayaan dan agama di Perancis, dan warga juga banyak cerita tentang apa yang ada di sini. Ternyata, keramahan orang Indonesia membuat saya heran, warganya ramah-ramah dan selalu ingin menyapa saya," ujarnya.

Manon mengakui ada perbedaan antara pemeluk agama Islam di Perancis dengan di Indonesia. Jika di Perancis, kata Manon umat Islam jarang melakukan aktivitas keagamaannya, terutama anak mudanya, tetapi di Indonesia, masyarakatnya lekat dengan kegiatan-kegiatan keagamaan seperti salat, puasa, dan mengaji.

"Saya bukan muslim, dan saya juga tak begitu taat melakukan aktivitas keagamaan, tapi masyarakat bisa menghargai dan tidak menuduh saya sebagai orang tidak baik. Kami sama-sama saling menghargai, mereka bisa menghormati serta menerima perbedaan agama dan budaya yang saya miliki," ucap dia.

Baca Lainnya