Senin, 5 September 2022 22:49

Buka Rakernis KI, Ridwan Kamil Minta Adaptasi Teknologi Digital

Reporter : Iman Nurdin
Ketua Komisi Keterbukaan Informasi  Donny Yoegiantoro memberikan cendra mata kepada Gubernur Jabar Ridwan Kamil, usai memberikan sambutan di Gedung Sate, Senin (05/09/2022).
Ketua Komisi Keterbukaan Informasi Donny Yoegiantoro memberikan cendra mata kepada Gubernur Jabar Ridwan Kamil, usai memberikan sambutan di Gedung Sate, Senin (05/09/2022). [Iman Nurdin]

Bandung (limawaktu.id),- Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meminta agar Komisi informasi (KI) mengadaptasi teknologi digital. Hal ini untuk menjaga transparansi dan keterbukaan informasi kepada publik.

"Komisi Informasi ini harus mulai beradaptasi dengan distrupsi digital. Harus ditinggalkan penanganan manual, harus serba digital. Ini bagian dari pelayanan publik sekaligus transparansi, " kata Ridwan Kamil sambutan pada pembukaan Rapat Kerja Teknis (Rakernis) ke-11 Komisi Informasi (KI) Se-Indonesia  di Gedung Sate, Senin (5/09/2022).

Menurut Emil, sapaan Ridwan Kamil, selain distrupsi teknologi, kondisi global mengalami perubahan kebiasaan akibat pandemi. Begitu pula ancaman pemanasan global atau global warming sudah mulai dirasakan.

"Contohnya pemanasan global, di muara Gembong, Bekasi, sudah 700 hektare tenggelam. Sertifikat ada tapi tanahnya sudah dipenuhi air. Ini menjadi tantangan bagi kita pelayan publik, termasuk KI, " paparnya.

Lebih lanjut, kata Emil, Jawa Barat perlu berbangga karena mendapat indeks keterbukaan informasi publik nomor satu di seluruh Indonesia. Ini perjuangan panjang dan patut mendapat apresiasi.

"Keterbukaan informasi ini harus menjadi ekosistem. Karena, saya mendorong agar lembaga di provinsi untuk menyelenggarakan keterbukaan informasi," ujarnya.

Ridwan Kamil juga mengajak insan media untuk proaktif ikut menginformasikan lembaga-lembaga di provinsi Jawa Barat yang belum terbuka.

"Kalau ada masalah, kita selesaikan sesuai mekanisme. Jika ada institusi di Jawa Barat, saya sudah mendorong semuanya. Media juga tolong, jika ada yang kurang informatif, yuk kita perbaiki bareng-bareng, " paparnya.

Lebih lanjut, Ridwan Kamil mengaku menawarkan diri kepada Ketua Komisi KI Pusat, Donny Yoegiantoro jika diminta untuk bantuan dan dukungan ke KI Provinsi-provinsi.

"Kalau Jawa Barat diminta untuk berkeliling memberikan bantuan, dukungan dan reformasi, kita siap. Karena semangatnya kurangi kompetisi,  perbanyak kolaborasi karena kita NKRI, " pungkasnya.

Baca Lainnya

Topik Populer