Rabu, 8 November 2017 19:35

BPBD Jabar Data Persoalan Banjir Kabupaten Bandung

Kepala Pelaksana BPBD Jabar Dicky Saroni melakukan pemantauan banjir di Desa Dayeuhkolot
Kepala Pelaksana BPBD Jabar Dicky Saroni melakukan pemantauan banjir di Desa Dayeuhkolot [Limawaktu]

Limawaktu.id - Kepala Pelaksana BPBD Jawa Barat, Dicky Saroni langsung melakukan peninjauan bencana banjir yang terjadi di Kabupaten Bandung. Menurut Dia, kedatangannya tersebut karena adanya informasi adanya sejumlah daerah yang terkena banjir, yang diakibatkan intensitas hujan yang cukup deras.

"Kami dari provinsi ikut peduli bersama dengan Kabupaten Bandung, dan ingin melihat persoalan kembali yang sesungguhnya yang terjadi dilapangan, termasuk apa saja yang perlu kami bantu," kata Dicky usai melakukan pemantauan ke wilayah Desa Dayeuhkolot Kecamatan Dayeuhkolot Kabupaten Bandung, Rabu (8/11) sore.

Hasil pantauan, lanjut Dicky, beberapa kapasitas sungainya sudah meluap, hal itu menjadi catatan BPBD Provinsi, karena sedimentasi yang besar, itu tidak Sungai Citarum saja, namun anak sungainya pun memberikan kontribusi yang mengakibatkan banjir.

"Setelah dipantau, ada beberapa penyebab akan kami berikan masukan kepada yang mempunyai kewenangan  terutama dalam pengaturan sistem tata air," jelasnya.

Menurutnya, seperti yang telah dilihat, daya tampung sungai semakin rendah karena sedimentasi, kemudian peringatan dini banjirpun harus ditingkatkan dan diperbaiki.

"Yang paling penting juga buat kita, kami dari BPBD terus menjalin komunikasi dan terus bersinergi dengan seluruh daerah yang selalu teridentifikasi terjadi banjir agar komunikasi itu dapat dijalankan ketika terjadi beberapa ancaman reksiko bencana yang kita hadapi sekarang. Mudah-mudahan di musim penghujan ini tidak banyak bencana banjir kembali terulang," tandasnya. (lie)