Kamis, 23 April 2020 10:42

Bosscha Lembang Siarkan Pengamatan Hilal Bulan Ramadan Sore ini

Observatorium Bosscha
Observatorium Bosscha [Fery Bangkit]

Limawaktu.id - Pengamatan bulan baru atau hilal penetapan awal bulan suci Ramadan 1441 Hijriyah akan dilakukan Observatorium Bosscha Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB) hari ini, tepatnya Kamis (23/4/2020).

Rencananya, pengamatan hilal akan dimulai pukul 15.00 WIB dan dilakukan secara tertutup. Hal ini dilakukan untuk mencegah penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19) yang sedang mewabah saat ini.

Pengamat Observatorium Bosscha, Agus Triono P. J menyatakan, walaupun tak dibuka untuk umum, masyarakat tetap bisa ikut serta memantau hilal melalui kanal YouTube Observatorium Bosscha.

"Kami mengikuti imbauan physical distancing dari pemerintah, sehingga pengamatan kali ini hanya dihadiri oleh staf observatorium saja. Masyarakat bisa ikut mengamati hilal dari siaran langsung melalui kanal YouTube," kata Agus saat dihubungi, Kamis (23/4/2020).

Tidak hanya pengamatan saja, Agus mengaku, akan diisi dengan acara bincang-bincang bersama pakar astronomi Institut Teknologi Bandung (ITB), Dr. Moedji Raharto.

Menurut Agus, Dr. Moedji Raharto sudah menaruh minatnya pada perhitungan kalender sejak tahun 1981, salah satunya kalender Hijriyah. Berbagai macam tulisan telah dibuatnya, di antaranya 'Aspek Astronomi Dalam Sistem Kalender' serta buku berjudul 'Kalender Islam : Sebuah Kebutuhan dan Harapan'. Banyak informasi terkait hilal yang akan dipaparkannya'," ungkapnya.

Bukan itu saja, Observatorium Bosscha juga akan membuka sesi tanya jawab bagi masyarakat di kanal YouTube resminya.

"Jika ada pertanyaan tentang hilal, bisa disampaikan di kolom komentar, kami akan membahasnya pada esok hari. Jadi jangan tinggalkan kesempatan ini untuk menambah pengetahuan tentang hilal," jelasnya. 

Baca Lainnya

Topik Populer

Berita Populer