Selasa, 3 Januari 2023 12:46

BNPB Salurkan Bantuan Dana Siap Pakai untuk Banjir Jateng

Reporter : Wawan Gunawan
Kepala BNPB bersama Gubernur Jawa Tengah dan Kepala BMKG meninjau langsung dapur umum di Taman Brotojoyo, Semarang, Selasa (3/1/2023)
Kepala BNPB bersama Gubernur Jawa Tengah dan Kepala BMKG meninjau langsung dapur umum di Taman Brotojoyo, Semarang, Selasa (3/1/2023) [Humas]

Limawaktu.id,- Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB)  Letjen TNI Suharyanto mengungkapkan, pihaknya telah  memberikan bantuan dana siap pakai (DSP) kepada Pemerintah Provinsi Jawa Tengah untuk penanganan darurat bencana Banjir yang melanda wilayahnya. Total bantuan sebesar Rp4,25 miliar.

“Bantuan untuk penanganan darurat ini diberikan kepada 13 wilayah administrasi tingkat kabupaten dan kota, dengan total Rp3,25 miliar. Masing-masing wilayah mendapatkan bantuan sebesar Rp250 juta,” sebut Suharyanto, Selasa (3/1/2023).

 Selain itu, kata Suharyanto,  Pemerintah Provinsi Jawa Tengah mendapatkan bantuan sebesar Rp1 miliar. Bantuan tersebut untuk mendukung operasional penanganan darurat di wilayah terdampak di Jawa Tengah.

Dalam kesempatan yang sama, BNPB juga menyerahkan bantuan logistik dengan total senilai Rp1,5 miliar kepada wilayah terdampak, dengan rincian Kabupaten Demak, Kabupaten Jepara, Kabupaten Pati, Kabupaten Rembang, Kabupaten Kendal, Kabupaten Batang, Kabupaten Pemalang, Kota Tegal, Kabupaten Tegal, dan Kabupaten Brebes masing-masing Rp100 juta.

Selanjutnya masing-masing Rp150 juta untuk Kota Pekalongan dan Kabupaten Pekalongan. Terakhir sebesar Rp200 juta untuk Kota Semarang yang memiliki dampak paling luas.

“ Keselamatan rakyat adalah hukum tertinggi yang harus dipenuhi pemerintah,” katanya

Pada kesempatan yang sama, Kepala BNPB bersama Gubernur Jawa Tengah dan Kepala BMKG juga meninjau langsung dapur umum di Taman Brotojoyo, Desa Sentoso, Kecamatan Semarang Utara. Dalam satu hari dapur umum dapat membuat 1.500 nasi bungkus yang akan dibagikan kepada warga terdampak banjir di Kota Semarang.

Baca Lainnya