Senin, 23 Juli 2018 19:00

Blanko Habis, Daftar Tunggu SIM di Polres Cimahi Capai 500 Keping

Reporter : Fery Bangkit 
Kasatlantas Polres Cimahi, AKP Suharto.
Kasatlantas Polres Cimahi, AKP Suharto. [Limawaktu]

Limawaktu.id - Daftar tunggu pencetakan Surat Izin Mengemudi (SIM) di Polres Cimahi menacapi 450-500. Permasalahan belum dicetaknya ratusan SIM tersebut dikarenakan blankonya habis.

Kasatlantas Polres Cimahi, AKP Suharto menjelaskan, meski stok Blanko habis, namun pelayanan pembuatan SIM tetap berjalan. Bagi pemohon baru maupun perpanjangan, akan diberikan surat keterangan pengganti atau resi sebagai bukti tanda kepemilikan SIM.

"Ada sekitar 3 hari lalu (blanko habis). Kalau dihitung, tiap hari pelayanan SIM baru maupun perpanjangan berkisar 150 orang, sehingga daftar tunggu masyarakat untuk pencetakan SIM sekitar 450-500 orang," beber Suharto di Mapolres Cimahi, Jln. Amir Mahmud, Senin (23/7/2018).

Pihaknya tidak bisa memastikan hingga kapan kekosongan blangko SIM berlangsung. Pasalnya, pengadaan blanko terpusat di di Korlantas Mabes Polri.

"Kita sudah mengajukan pengadaan blangko SIM secara berjenjang ke Mabes Polri melalui Polda Jabar. Berharap bisa segera dapat stok blangko SIM," ungkapnya.

Bagi pengguna yang belum memiliki SIM dan tengah dalam proses permohonan, jelas Suharto, pihaknya memberlakukan surat keterangan untuk masyarakat yang berlaku seperti SIM. Surat keterangan memiliki kekuatan hukum yang dapat digunakan oleh pemohon sesuai klasifikasi jenis SIM.

"Surat keterangan tersebut resmi, juga berlaku di wilayah jajaran lain. Masyarakat tidak perlu takut kena tilang di lapangan," ungkapnya.

Setelah material kartu SIM tersedia, pihaknya bakal menelepon para pemohon yang memiliki bukti resi. "Segera ada blangko SIM, di surat keterangan ada nomor masyarakat yang bakal kami hubungi dan masyarakat bisa menukarkan dengan SIM yang sudah jadi dicetak," pungkasnya.

Baca Lainnya