Jumat, 20 April 2018 15:40

Blak-blakan UPT Persampahan Soal TPS di Cimahi

Reporter : Fery Bangkit 
Sampah yang menumpuk di pinggir jalan Mahar Martanegara, Kp. Hujung RT 02/05 Kelurahan Utama, Cimahi Tengah, Kota Cimahi.
Sampah yang menumpuk di pinggir jalan Mahar Martanegara, Kp. Hujung RT 02/05 Kelurahan Utama, Cimahi Tengah, Kota Cimahi. [Limawaktu]

Limawaktu.id,- Unit Pelaksana (upt) Persampahan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Cimahi mengakui, ada beberapa kelurahan di Cimahi yang belum memiliki Tempat Pembuangan Sementara sampah (tps).

Kepala UPT Persampahan DLH Kota Cimahi, Usep Koswara membeberkan, ada sekitar lima kelurahan yang belum memiliki TPS. Yakni Kelurahan Melong, Cibeureum, Leuwigajah, Padasuka dan Cibabat.

Baca Juga : Sempat Mogok, Truk Pengangkut Sampah Bandung Barat Segera Dioperasikan lagi

"Itu kelurahan yang belum punya TPS sama sekali," kata Usep saat ditemui di Kantor UPT Persampahan DLH Kota Cimahi, Jalan Encep Kartawiria, Jum'at (20/4/2018).

Selain itu, diakui Usep jumlah TPS di Kota Cimahi sejauh ini belum ideal untuk menampung sampah. Menurut catatan Usep, dari tiga kecamatan yang ada di Cimahi, hanya ada sekitar 17 TPS.

Baca Juga : Bupati Bandung Minta Pemprov Segera Aktifkan TPPAS Legok Nangka, ini Alasannya

Jumlah TPS itu jelas tidak akan cukup untuk menampung volume sampah di Cimahi yang mencapai 300 ton per harinya. "Kalau idealnya itu per RW 1 (satu TPS). Tapi bisa juga 1 (satu TPS) untuk 5-6 RW," kata Usep.

Tidak idealnya jumlah TPS di Cimahi itu pun disinyalir menjadi salah satu penyebab munculnya TPS liar, hingga tumpukan sampah. Salah satunya seperti tumpukan sampah di pinggir Jalan Mahar Martanegara RT 02/5 Kelurahan Utama.

Baca Juga : FPLH Nilai Buang Sampah ke TPA Sarimukti Ilegal, ini Sebabnya

Sebetulnya, kata Usep, pihaknya melalui DLH ingin melakukan penambahan TPS. Hanya saja, pihaknya mengalami kendala soal ketersediaan lahan.

"Kalau misalnya kita nemu lahan, warga kadang suka nolak," kata Usep.

Baca Lainnya