Jumat, 7 September 2018 20:20 Advertorial

BKM Bina Warga Menggerakan Warga Cipageran Memelihara Lingkungan

Reporter : Bubun Munawar

Limawaktu.id - Adanya program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) yang digulirkan pemerintah, mampu mendorong dan menggerakan warga untuk merubah perilaku masyarakat dalam menjaga lingkungan.

“Adanya program Kotaku di wilayah kami ikut mendorong kesadaran masyarakat dalam memelihara lingkungan supaya terhindar dari bencana akibat kecerobohan masyarakat yang bisa merugikan masyarakat lainnya, seperti longsor atau banjir,” ungkap Koordinator BKM Bina Warga Kelurahan Cipageran, Umar Sumarna, belum lama ini.

Dengan usaha preventif yang dilakukan, BKM Bina Warga berharap agar warga Kelurahan Cipageran bisa  tetap sadar dalam memelihara lingkungan.

“Dengan peningkatan kapasitas warga, kami harapkan warga Cipageran bisa mendukung program Kotaku ini, yang terpenting warga tidak hanya berharap akan bantuan pemerintah tetapi juga ada swadaya yang dilakukan untuk menjaga lingkungan maupun infrastruktur yang ada,” jelasnya.

Sedangkan Kepala Kelurahan Cipageran Rina Fitriana mengatakan, selain dengan melalui pencegahan yang dilakukan program Kotaku di Kelurahan Cipageran, juga dilakukan pemberdayaan masyarakat melalui penigkatan ekonomi mikro dan kecil.

“Banyak potensi UKM di Cipageran yang dilakukan warga untuk meningkatkan kesejahteraannya. Kita juga mendorong agar produk UKM yang dihasilkan tersebut dikonsumsi dan dibeli oleh warga Cipageran sendiri,” katanya.

Baca Lainnya