Jumat, 19 Juni 2020 0:54

Besok, Warga Sudah Bisa Salat Jumat di Masjid Agung Cimahi

Reporter : Fery Bangkit 
Suasana Mesjid Agung Cimahi Jelang Diperbolehkan Kembali Untuk Melaksanakan  Salat Jumat Berjamaah.
Suasana Mesjid Agung Cimahi Jelang Diperbolehkan Kembali Untuk Melaksanakan Salat Jumat Berjamaah. [Foto istimewa]

Cimahi - Masjid Agung Cimahi, Kota Cimahi di Jalan Kaum dibuka besok, Jumat (18/6/2020) untuk salat jumat berjamaah. Masjid tersebut sebelumnya ditutup selama tiga bulan untuk mencegah penularan Corona Virus Disease (Covid-19).

Masjid akbar yang terletak di pusat Kota Cimahi itu biasanya kerap dibanjiri jamaah ketika pelaksanaan salat jumat. Namun demikian, pengurus masjid menyatakan siap dan akan mengutamakan kepatuhan terhadap protokol kesehatan.

"Insya Alloh besok kita mulai (untuk salat jumat). Kita tetap pakai protokol kesehatan," kata Ketua DKM Masjid Agung Cimahi, Dadan Darmawan saat ditemui, Kamis (18/6/2020).

Dikatakan Dadan, pihaknya sudah menyiapkan berbagai alat protokol kesehatan untuk mencegah penularan Covid-19. Di antaranya thergmogun untuk mengecek kondisi suhu tubuh jamaah.

Petugas Masjid Agung Cimahi akan melakukan pengecekan sejak gerbang pertama memasuki kawasan masjid."Apabila suhunya tidak wajar, kita tidak akan perkenankan untuk masuk sebagai pencegahan," ujarnya.

Selain pengecekan suhu tubuh, pihaknya juga menyediakan handsanitizer dan sabun untuk mencuci tangan jamaah, mengingat cara penularan Covid-19 adalah dari orang ke orang.

"Jangan bersalaman dulu, kemudian pakai masker," imbuh Dadan.

Ditegaskan Dadan, pihaknya juga tetap menerapkan phisycal distancing atau jaga jarak dalam pelaksanaan salatnya. Pihaknya pun sudah memasak pembatas dengan memasang solatip.

"Kita juga sudah pasang pembatas. Jamaah diminta bawa sajadah sendiri," terangnya.

Untuk mengantisipasi membludaknya jemaah dalam salat jumat perdana sejak ditutup, lanjut Dadan, pihaknya menyiapkan area Alun-alun Cimahi dan samping Masjid Agung Cimahi.

"Untuk mengantisipasi karena ada jarak  terus overload, kita sudah minta izin menggunakan Alun-alun atau sisi samping masjid," tegasnya.

Keamanan Dalam (Kamdal) Masjid Agung Cimahi, Yusuf Permana menambahkan, pihaknya sudah menyiapkan petugas untuk melakukan pengecekan suhu dan mengatur jarak saat pelaksanaan salat jumat.

"Jadi nanti kita arahakn sesuai jarak ketentuannya. Kita juga cek suhu sejak di depan," ujarnya.

Ia menerangkan, kapasitas maksimal Masjid Agung Cimahi sendiri bisa menampung 250 jamaah. Namun dengan adanya anjuran jaga jarak sebagai pencegahan Covd-19, kapasitas jamaah hanya akan diisi sekitar 50 persen saja.

"Paling sekitar 50 persen yang dipakai. Kalau kapasitasnya sampai 250 sampai luar itu," sebutnya.

Baca Lainnya

Topik Populer

Berita Populer