Rabu, 17 Oktober 2018 16:15

Bertahan 3 Hari, Buruh PT Matahari Sentosa Berharap yang Sama

Reporter : Fery Bangkit 
Ratusan buruh PT Matahari Sentosa Jaya, Kota Cimahi kembali memadati menyalurkan aspirasinya di depan kantor Wali Kota Cimahi, Jln. Demang Hardjakusumah, Rabu (17/10/2018).
Ratusan buruh PT Matahari Sentosa Jaya, Kota Cimahi kembali memadati menyalurkan aspirasinya di depan kantor Wali Kota Cimahi, Jln. Demang Hardjakusumah, Rabu (17/10/2018). [Fery Bangkit/Limawaktu]

Limawaktu.id, Cimahi - Ratusan buruh PT Matahari Sentosa Jaya, Kota Cimahi kembali memadati menyalurkan aspirasinya di depan kantor Wali Kota Cimahi, Jln. Demang Hardjakusumah, Rabu (17/10/2018).

Hari ini merupakan hari ketiga para buruh mendatangi Pemkot Cimahi. Mereka mulai memadati kawasan Kompleks Perkantoran Pemerintah Kota Cimahi 13.00 WIB hingga terjadi kemacetan yang cukup parah dan tak sedikit pengendara yang memutar balik kendaraannya, akibat adanya unjuk rasa tersebut.

Baca Juga : Tuntut Gaji, 3 Ribu Buruh PT Matahari Sentosa Jaya Mogok Kerja Sejak Kemarin

Tuntutan mereka masih sama, yakni meminta Wali Kota Cimahi Ajay M Priatna, agar dapat membantu menyelesaikan permasalahan yang ada di PT Matahari Sentosa Jaya. Khususnya pembayaran gaji yang belum dituntaskan pihak pabrik.

"Jadi intinya Wali Kota harus membantu, minimal menjembatani agar permasalahan di PT Matahari Sentosa Jaya bisa selesai," katanya saat ditemui disela aksi, Rabu (17/10/2018).

Baca Juga : Parah! Buruh PT Matahari Sentosa Jaya Dipaksa Kerja tapi gak Dibayar

Sebelumnya, aksi unjuk rasa ini pernah dilakukan di pabrik PT Jaya Sentosa di Jalan Djoyodikromo pekan lalu, karena sekitar 3.000 lebih buruh PT Matahari Sentosa Jaya dipaksa beroperasi meski gajinya belum dibayarkan selama dua bulan oleh pihak perusahaan.

Saat ini perusahaan tersebut hanya sanggup mencicil upah sebagian buruh sebesar Rp 700 ribu per bulan untuk satu orang karena ditengarai kondisi perusahaan yang beroperasi sejak tahun 1990 itu tengah dalam kondisi krisis finansial. 

Baca Juga : PT Matahari Nunggak Gaji Buruh, Begini Respon Disnakertrans Kota Cimahi

"Gaji kita baru dibayar 50 persen juga enggak, tapi mereka masih mempekerjakan karyawannya. Makanya kita ingin ngadu ke wali kota bagaimana kedepannya," katanya.

Sebelumnya, dalam akun instagram pribadi Wali Kota Cimahi Ajay Muhammad Priatna @ajaympriatna mewajibkan pihak PT Matahari Sentosa Jaya membayarkan gaji karyawannya sekitar Rp 4 miliar.

Baca Lainnya