Kamis, 23 November 2017 14:17

Bersih-bersih untuk Citarum yang Indah dan Lestari

TNI & masyarakat setempat melakukan bersih-bersih di bantaran sungai Citarum, Margaasih, Kabupaten Bandung.
TNI & masyarakat setempat melakukan bersih-bersih di bantaran sungai Citarum, Margaasih, Kabupaten Bandung. [limawaktu]

Limawaktu.id,- Dalam rangka peduli citarum, kodam III/siliwangi, kodim 0609/Kabupaten bandung, bekerjasama dengan Pemprov Jawa Barat dan Pemkab Bandung, melakukan penataan dan memperbaiki aliran Sungai Citarum.

Komandan Kodim 0609 Kabupaten Bandung, Letkol Arh A. Andre Wira Kurniawan mengatakan, semua tahu bahwa Sungai Citarum banyak kendala yang mengakibatkan kerusakan akibat berbagai hal, diantaranya, tumpukan sampah yang dibuang oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Baca Juga : Kodim 0609 Bersihkan Sungai Citarum

"Kegiatan bersih-bersih sampah di bantaran sungai Citarum ini untuk antisipasi bencana banjir dan juga untuk mengatasi dampak luapan sungai yang ada di wilayah Dayeuhkolot, Rancaekek dan daerah lainnya yang ada di Kabupaten Bandung," kata Andre, saat diwawancara di TPS liar yang berada di bantaran sungai Citarum, Desa Nanjung, Kecamatan Margaasih, Kabupaten Bandung, Kamis (23/11/2017).

Hingga saat ini, lanjut Andre, pihaknya telah mengangkut 5 dumtruk sampah, dengan melibatkan instansi terkait, baik Kodim, Batalyon, Pemda, Polri dan masyarakat sekitar. Hal ini, katanya, untuk menciptakan Citarum yang indah, bersih dan lestari.

Baca Juga : Diduga Terbawa Arus Sungai Citarum , Seorang Lelaki Menghilang

Menurutnya, tidak hanya melaksanakan kegiatan fisik, namun pihaknya pun mengadakan kegiatan non fisik. "Sasaran non fisik yang dilaksanakan, kita ingin menimbulkan bagaimana masyarakat peduli terhadap lingkungan serta menjaga lingkungannya, sehingga kita mengadakan sosialisasi terhadap masyarakat," paparnya. (lie)

Baca Lainnya