Kamis, 6 Mei 2021 15:30

Berdayakan Anggota LSM Kompas Garap Tujuh Program

Reporter : Bubun Munawar

Limawaktu.id,- Untuk memaksimalkan pemberdayaan organisasi, Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Koordinat Masyarakat Pejuang Aspirasi (Kompas) memberikan pembekalan dan pemahaman kepada para anggota baru dalam sebuah kegiatan Orientasi dan konsolidasi LSM KOMPAS .

“Orientasi ini dilakukan untuk memberikan pemahaman yang utuh terkait keanggotaan baru LSM Kompas, sehingga nantinya bisa mengawal tujuh program LSM Kompas,” terang Ketua Umum LSM Kompas Fajar Nudhi Wibowo, saat pelaksanaan Bakti Ramadahan dan Santunan Anak Yatim,  di Aula Kantor Kecamatan Cimahi tengah Jl Terusan Cimahi Tengah Kota Cimahi, Rabu (05/05/2021).

Dia menyebtkan, ada tujuh  program unggulan LSM Kompas, yaitu PKSDM (Peningkatan Kapasitas Sumberdaya Manusia), SIKAPI (Analisis Kebijakan Publik), SAKRAL (Syi’ar NKRI dan Deradikalisasi), SWEAPING (Swadaya Edukasi Aksi Peduli Lingkungan), PEKA (Penguatan Ekonomi Kerakyatan), CSR (Charity Sustainable Responsibility), serta BARA (Bhakti Ramadhan).

“Bulan Ramadhan tahun ini, program BARA (Bhakti Ramadhan) LSM KOMPAS mengadakan bakti sosial berbagi takjil ,buka bersama, santunan bagi 300 anak yatim dhuafa dan anak jalanan di wilayah Kota Cimahi,” sebutnya.

Dia melanjutkan, ketujuh program ini merupakan program baku yang dilaksanakan secara rutin selama LSM Kompas berdiri , sesuai dengan AD/ART.

Pada tahun ini, LSM Kompas juga membentuk PAM ( Pejuang Aspirasi Masyarakat ) yang khusus untuk para mahasiswa  anggota LSM KOMPAS yang mendapatkan tugas belajar S1 sebanyak 7 orang yang diseleksi melalui penjaringan.

“Nantinya para mahasiswa tersebut menjadi UKM UKM di universitas tempat mereka belajar,” lanjutnya.

Sementara itu, Asnawi Patty Koordinator Daerah (Kortda) LSM KOMPAS Kota Cimahi mengatakan, Untuk Kota Cimahi itu sendiri tidak ada program khusus yang digulirkan tetapi tetap mengacu pada 7 program yang digulirkan oleh DPP LSM Kompas.

“Dalam waktu dekat ini kami mempersiapkan acara ulang tahun LSM Kompas kesepuluh, dimana nantinya akan memberikan beasiswa kepada 10 orang calon mahasiswa yang belum pernah mendapatkan KIP,” pungkasnya.

Baca Lainnya