Selasa, 13 September 2022 15:38

Beranggotakan 800 Orang, Koperasi Sawargi Bhakti Mandiri Tembus Aset Rp4,5 Milliar

Reporter : Bubun Munawar

Limawaktu.id, Siapa sangka jika awalnya hanya beranggotakan 40 orang, dengan saldo Rp40 juta pada 2016 , selanjutnya bisa berkembang menjadi Rp800 juta dan saat ini disusianya yang ke-10 Koperasi Sawargi Bhakti Mandiri Utama bisa menorehkan omset hingga Rp4,5 Milliar.

Hal itu terungkap saat digelarnya syukuran hari jadi koperasi ke-10, bertempat di Kampung Lembur sawah RW 16 Kelurahan Utama Kecamatan Cimahi Selatan, pada Selasa (13/9/2022).

Ketua Koperasi Sawargi Bhakti Mandiri Utama H. Jumeri mengungkapkan, dengan kerja keras para pengurus dan kedisiplinan anggota, selama satu dekade ini koperasi yang dikelolanya sudah menunjukan peningkatan yang sangat signifikan.

“Saya mulai menjabat sebagai ketua pada 2016 dengan anggota 40 orang dan saldo saat itu Rp40 juta, kemudian Alhamdulillah bisa berkembang menjadi Rp800 Juta dan saat berusia 10 tahun sekarang bisa memiliki aset senilai Rp4,5 Milliar,” ungkapnya, usai pelaksanaan syukuran di Sekretariat Koperasi yang beralamat di Kampung Lembur Sawah RW 16 Kelurahan Utama Kecamatan Cimahi Selatan.

Dia menyebutkan, aset koperasi sebesar itu murni merupakan simpanan anggota baik simpanan wajib, simpanan pokok maupun simpanan sukarela. Dari aset Rp4,5 Milliar tersebut terbesar dari simpanan sukarela yang mencapai sekitar Rp3 Milliar.

“Kami belum mandapat bantuan dari manapun jadi omset yang kami miliki itu murni merupakan simpanan anggota,” sebutnya.

Sementara, Kepala Disdagkoperin Kota Cimahi Dadan Darmawan mengapresiasi kemajuan yang dicapai Koperasi Sawargi Bhakti Mandiri dan berharap akan semakin menunjukan kemajuan.

Dengan peningkatan anggota yang sukup banyak dan aset yang lumayan besar dia berharap koperasi ini bisa lebih maju sehingga keberadaannya bisa dirasakan oleh masyarakat, khususnya para anggota koperasi.

Selain dilaksanakan Syukuran HUT ke-10 Koperasi Sawargi Bhakti Mandiri Utama, juga ada  penjualan sembako murah bagi warga sekitar. Dengan dana Rp10 ribu, warga sekitar bisa mendapatkan paket sembako berupa minyak goreng, terigu, gula, bawang merah dan bawang putih di warung sembako milik koperasi, yang diresmikan oleh Kadisdagkoperin Dadan Darmawan.

“Saya merasa senang dengan penjualan sembako murah di warung sembako ini, “ ucap Yanto, warga sekitar.

Hal yang sama disampaikan Siti. Dirinya merasa senang bisa mendapatkan sembako murah yang dijual warung sembako Koperasi Sawargi Bhakti Mandiri Utama.

:Kami merasa senang bisa mendapatkan sembako murah, mudah-mudahn hal ini bisa sering dilakukan,” pungkasnya.

 

 

 

Baca Lainnya

Topik Populer

Berita Populer