Kamis, 25 April 2019 10:58

Benny Bachtiar:Ditolak Wali Kota Bandung, Diimbau Ikut Lelang Jabatan Sekda Oleh Ajay 

Reporter : Fery Bangkit 
Staff Ahli Bidang Ekonomi dan Pembangunan Kota Cimahi, Benny Bachtiar.
Staff Ahli Bidang Ekonomi dan Pembangunan Kota Cimahi, Benny Bachtiar. [ferybangkit]

Limawaktu.id - Staff Ahli Bidang Ekonomi dan Pembangunan Kota Cimahi, Benny Bachtiar menjadi salah satu nama yang terdaftar dalam seleksi terbuka atau open bidding Sekretaris Daerah (Sekda">Sekda) Kota Cimahi.

Proses seleksi terbuka untuk pengisian Sekda definitid itu sudah dibuka beberapa hari lalu, dan berakhir Rabu (24/4/2019). Wali Kota Cimahi, Ajay Muhammad Priatna">Ajay Muhammad Priatna">Ajay Muhammad Priatna sendiri sebelumnya mengeluarkan surat edaran agar pejabat yang memenuhi syarat untuk ikut seleksi lelang jabatan.

Baca Juga : Batal Umumkan Sekda, Bupati KBB 'Ngeles' Begini

"Pak Benny ikut juga kalau tidak salah diimbau, tidak disuruh," kata Ajay saat ditemui di Pemkot Cimahi, Kamis (25/4/2019).

Dikatakan Ajay, surat edaran itu bukanlah sebuah paksaan. Menurutnya, ia membuka kesempatan bagi semua Aparatur Sipil Negara (ASN">ASN) untuk mengembangkan karirnya. Bukan hanya intern Pemkot Cimahi, pihaknya juga sebelumnya membuka kesempatan bagi pejabat dari luar Cimahi.

Baca Juga : Benny Tuntut Wali Kota Bandung Lewat PTUN

"Ada kesempatan untuk mengembangkan karir karena ada open bidding. Akhirnya saya imbau kesempatannya untuk dipergunakan," ujarnya.

Perihal keinginan memilih Sekda dari luar Kota Cimahi, Ajay membantah hal tersebut. Menurutnya, siapapun itu asalkan memenuhi persyaratan, kompetensi dan memiliki keinginan untuk memajukan Kota Cimahi.

Baca Juga : Selain Gugat ke PTUN, Benny juga Tuntut Sikap Tegas Kemendagri dan Gubernur Soal Penetapan Sekda Kota Bandung

"Kalau di sini lebih bagus tidak harus dari luar," ucapnya.

Terpisah, Benny Bachtiar mengakui sudah mendaftar dalam proses open bidding setelah mendapat surat edaran dari Ajay. "Iya saya sudah daftar," katanya.

Nama Benny Bachtiar menjadi tema yang hangat dibicarakan. Sebab, ditahun 2018 dirinya mengikuti seleksi terbuka Sekda Kota Bandung dan masuk tiga besar. Selanjutnya, ia diumumkan oleh Ridwan Kamil">Ridwan Kamil">Ridwan Kamil yang saat itu menjadi Wali Kota Bandung menjadi Sekda terpilih.

Namun Wali Kota Bandung terpilih periode 2018-2023, Oded M Danial">Oded M Danial">Oded M Danial membatalkan Benny Bachtiar sebagai Sekda Kota Bandung terpilih meski sudah mengantongi Surat Keputusan (SK) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dan rekomendasi Gubernur Jabar terpilih, Ridwan Kamil.

Posisinya sebagai pemegang SK Sekda Kota Bandung pun tidak jelas. Terlebih lagi, baru-baru ini Oded M Danial melantik Ema Sumarna sebagai Sekda. Ema adalah saingan Benny saat mengikuti open bidding. 

Baca Lainnya