Sabtu, 27 Juni 2020 14:23

Benarkah Pustaka Nasution di Cimahi Dulunya Loji? Ini Jawaban Pegiat Sejarah

Reporter : Fery BangkitĀ 
toko buku Pustaka Nasution yang Berada  terletak di pusat Kota Cimahi di Jalan Ria-Jalan Jenderal Amir Machmud.
toko buku Pustaka Nasution yang Berada terletak di pusat Kota Cimahi di Jalan Ria-Jalan Jenderal Amir Machmud. [Foto istimewa]

Cimahi - Sekilas, toko buku Pustaka Nasution di Kota Cimahi nampak seperti toko buku lainnya yang menjajakan berbagai kebutuhan berbagai alat tulis.

Namun jika ditelisik lebih dalam, toko buku yang terletak di pusat Kota Cimahi, tepatnya di Jalan Ria-Jalan Jenderal Amir Machmud itu menjadi salah satu saksi sejarah Kota Cimahi.

Bahkan, bangunan tersebut dulunya kerap disebut merupakan Loji atau Pos Penjagaan yang dibangun bersamaan dengan pembangunan Jalan Raya Pos (Jalan Anyer-Panarukan) oleh Pemerintah Hindia-Belanda.

Namun, bekas cerita toko buku itu dulunya merupakan Loji hingga kini belum bisa dibuktikan kebenarannya. Sebab menurut Pegiat Sejarah, Machmud Mubarok, ia belum menemukan arsip atau catatan bahwa bangunan yang berada di belakang Alun-alun Cimahi adalah bekas Loji.

"Sampai sekarang saya belum menemukan fakta-fakta kuat bahwa itu dibangun zaman Belanda, apalagi dikaitkan dengan pembangunan Jalan Raya Pos," ungkap Machmud saat dihubungi, Sabtu (27/6/2020).

Dikatakan Machmud, ia sempat mencari infomasi terkait toko buku Pustaka A. H Nasution itu kepada salah satu penerusnya. Didapati jawaban bahwa toko tersebut justru dibangun tahun 1950-an. Jika merujuk pada jawaban tersebut, toko buku itu dibangun jauh setelah Pemerintah Hindia-Belanda ada di Cimahi sekitar tahun 1880-an.

"Cuma banyak yang menyebutkun itu Loji, bangunan dulu yang dipakai Belanda untuk tempat mengawasi lalu lintas mengawasi orang keluar masuk," jelasnya.

Untuk lebih jelasnya, lanjut Machmud, ia akan terus menggali informasi. Apalagi, toko buku tersebut masuk salah satu bangunan yang didaftarkan untuk menjadi cagar budaya oleh Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kota Cimahi.

"Saya terus mencari karena memang ini butuh untuk bahan verifikasi nanti," ujarnya.

Terkait bangunan tersebut dulunya Loji atau bukan, kata Machmud, yang jelas tempat tersebut merupakan salah satu toko buku tertua di Kota Cimahi yang dimiliki salah seorang warga asal Padang, Sumatera Barat.

"Memang dari awal toko buku, ketika keluarga mereka datang Cimahi," ucap Machmud.

Dari sisi arsitektur, kata Machmud, toko buku Pustaka Nasution terbilang unik, sebab bentuknya mengikuti lengkungan jalan seperti busur sehingga membentuk seperti lingkaran.

"Itu unik dan mungkin ketika membangun dimiripkan dengan bangunan sekitarnya," tandasnya.

Baca Lainnya