Selasa, 9 Oktober 2018 16:35

Belum Terdaftar sebagai DPT, KPU Kota Bandung Imbau Masyarakat Segera Melapor

Reporter : Iman Mulyono
Peresmian salah satu Posko Gerakan Melindungi Hak Pilih (GMHP). Posko tersebut terdapat di kecamatan atau kelurahan yang ada di Kota Bandung.
Peresmian salah satu Posko Gerakan Melindungi Hak Pilih (GMHP). Posko tersebut terdapat di kecamatan atau kelurahan yang ada di Kota Bandung. [Iman Mulyono/Limawaktu]

Limawaktu.id, Bandung - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bandung meminta warga yang belum masuk Daftar Pemilih Tetap (DPT) segara melapor ke Posko Gerakan Melindungi Hak Pilih (GMHP). Posko tersebut terdapat di kecamatan atau kelurahan yang ada di Kota Bandung.

Ketua KPU Kota Bandung, Apipudin mengatakan, pihaknya mulai membuka Posko GMHP untuk melakukan pendataan karena dikhawatirkan masih terdapat sejumlah masyarakat yang belum terdaftar menjadi DPT. Posko GMHP, lanjut dia, di kecamatan difasilitasi oleh PPK, sementara di kelurahan oleh PPS.

"Jika masih terdapat masyarakat yang belum terdaftar di DPT, dapat mendaftar ke Posko GMHP dengan membawa KTP elektronik dan Kartu Keluarga. Masyarakat juga dapat melaporkan apabila di DPT masih terdapat data yang tidak memenuhi syarat," kata Apipudin ditemui di Kantor KPU Kota Bandung, Jalan Soekarno Hatta, Selasa (09/10).

Apip mengungkapkan, beberapa data yang tidak memenuhi syarat adalah pemilih yang telah meninggal, pindah tugas bagi TNI atau Polri serta petugas negara lainnya. Apabila menemukan kesalahan pada elemen data seperti NIK, NKK, nama, alamat yang salah, kata dia, nantinya akan dilakukan perbaikan.

"Ini dalah bagian dari upaya KPU dalam penyempurnaan DPT Hasil Perbaikan 1 Pemilu Tahun 2019," kata dia.

Sebagai penyelenggara Pemilu, Apip menyebut KPU Kota Bandung akan terus berupaya mengoptimalkan kinerja dan melayani para pemilih. Menurutnya, masyarakat juga dapat melakukan pengecekan apakah sudah terdaftar atau belum sebagai DPT untuk Pilpres dan Pileg 2019.

"Nanti masyarakat bisa mengecek melalui kantor kelurahan setempat, Website KPU Bandung, atau unduh aplikasi KPU RI Pemilu 2019 melalui Playstore di HP Android," kata dia.

Baca Lainnya