Rabu, 27 April 2022 16:12

Belum Tentukan Sikap, PPP Masih Tunggu Proses di KPK

Reporter : Bubun Munawar
Bupati Bogor Ade Yasin terkena OTT KPK atas dugaan suap
Bupati Bogor Ade Yasin terkena OTT KPK atas dugaan suap [Google]

Limawaktu.id,- Penangkapan Bupati Bogor Ade Yasin oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terkait dengan dugaan Suap, Partai Persatuan Pembangunan (PPP)  masih belum menentukan sikap.

Sekretaris Jenderal PPP Arwani Thomafi mengaku belum mengetahui detail penangkapan Ade Yasin yang merupakan kader partai Ka'bah. PPP belum mau berkomentar banyak.

"Belum mengetahui duduk soalnya," ujar Arwani kepada wartawan, dikutip Merdeka.Com,  Rabu (27/4).

Menurutnya, PPP masih  menunggu penjelasan resmi KPK terkait kasus yang menimpa Ade Yasin. PPP menyatakan menghormati proses hukum yang berjalan.

"Baiknya kita tunggu penjelasan resmi KPK. Kita hormati proses hukum yang sedang berjalan," ujar Arwani.

Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri membenarkan tim penindakan lembaga antirasuah mengamankan Bupati Bogor Ade Yasin dalam operasi senyap.

"Benar, tadi malam sampai (27/4/2022) pagi KPK melakukan kegiatan tangkap tangan di wilayah Jawa Barat. Di antaranya Bupati Kab. Bogor, beberapa pihak dari BPK Perwakilan Jawa Barat dan pihak terkait lainnya," ujar Ali dalam keterangannya, Rabu (27/4).

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengamankan sekitar 10 orang terkait dengan Operasi Tangkap Tangan (OTT) Bupati Bogor Ade Yasin. Hal itu disampaikan Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri, saat diwawancara Kompas TV, Rabu (27/4/2022).

Menurut Fikri, jumlah pastinya masih dilakukan penelusuran oleh tim KPK bisa lebih atau kurang dari sepuluh orang. Selain Ade Yasin dan beberapa pejabat di lingkungan Pemkab Bogor, KPK juga mengamankan orang Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Jawa Barat.

“Jadi beberapa orang yang diamankan tersebut dilakukan tim kami ada yang di Cibinong dan juga di Bandung, Tim KPK masih melakukan pendalaman informasi, nanti kami akan update perkembangannya,” jelasnya. 

Dia menjelaskan, dalam OTT Ade Yasin tersebut diduga terkait dengan suap, Tim KPK masih melakukan pendalaman apa yang terjadi antara bupati dengan BPK perwakilan Jawa Barat . Selama 24 jam Tim KPK melakukan penggalian informasi.

“ Sejauh ini selain mengamankan orang, diduga juga  ada uang yang diamankan. Ini juga merupakan  bagian yang akan dikobfirmasi, saat ini sedang proses penggalian keterangan untuk diketahui apakah  ada tindak pidana korupsi serta bukti yang  membenarkan hal itu,” jelas Fikri.

Baca Lainnya

Topik Populer

Berita Populer