Senin, 1 April 2019 17:12

Beli Motor dan Gerobak Sampah, Pemkot Cimahi Kucurkan 'Duit' Hingga Rp 2 M Lebih

Reporter : Fery Bangkit 
Motor dan Gerobak Sampah.
Motor dan Gerobak Sampah. [ferybangkit]

Limawaktu.id - Pemerintah Kota Cimahi kembali melakukan pembelian motor dan sampah menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun Anggaran 2019.

Total anggaran yang dikucurkan untuk pengadaan dua saran a pengangkut sampah itu mencapai Rp 2.430 miliar. Rp 2.230 miliar untuk motor sampah dan Rp 200 juta untuk gerobak sampah.

Baca Juga : 33,22% ASN di Pemkot Cimahi Alami Obesitas

"Unitnya ada 58 motor sampai 50 gerobak sampah. Untuk motor Rp 2.230 miliar dan gerobaknya Rp 200 juta," terang Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Cimahi, Mochamad Ronny, Senin (1/4/2019).

Dikatakannya, pengadaan sarana pengangkut sampah di lingkungan warga ini berdasarkan pengajuan dari setiap RW se-Kota Cimahi. "Ini pengajuan dari RW tahun sebelumnya, untuk memenuhi sarana sampah," katanya.

Baca Juga : 8 Pejabat Cimahi Masuk Syarat jadi Sekda Definitif

Motor dan truk sampah itu sudah diserahkan kepada penerima manfaat atau pihak RW tadi pagi di Lapangan Apel Pemkot Cimahi, Jalan Rd. Hardjakusumah. Sebab sudah dihibahkan, maka sarana itu menjadi tanggung jawab pihak RW.

"Pemeliharaannya juga oleh penerima manfaat, RW," ucapnya.

Baca Juga : Isi Jabatan Sekda Cimahi, Ajay Siapkan Undangan untuk Daerah Tetangga

Ia berharap, dengan adanya pengadaan ini, pengelolaan sampah di di tingkat RW bakal lebih baik lagi. Tujuan utamanya, sampah yang di buang dari Kota Cimahi ke TPAS Sarimukti, Kabupaten Bandung Barat menjadi berkurang.

"Harapan lebih jauh, di tingkat RW bisa memilah sampah karena yang dibuang ke TPA masih banyak. Sekitar 220-240 ton per hari," pungkasnya.

Baca Lainnya