Kamis, 13 Agustus 2020 15:56

Belajar dalam Suasana Bahagia untuk Keberhasilan & Kebahagiaan Hidup

Reporter : Bubun Munawar

Kota Cimahi - Saat ini banyak anak bila mendengar kata 'belajar' atau disuruh belajar oleh orang tua maka seolah-olah dia akan masuk dalam suasana yang mengkungkung, terbatas tidak bebas dan membosankan sehingga tidak bahagia.

Padahal suasana hati yang bahagia akan memudahkan seseorang untuk belajar mengenai sesuatu hal dia mendapatkan ilmu dan dapat memahami pengetahuan baru bahkan dapat mencapai kecakapan atau suatu  keterampilan tertentu.

“ Sebelum memulai belajar sebaiknya anak atau peserta didik dalam keadaan bahagia. Pembiasaan belajar dalam suasana bahagia dan menyenangkan akan menghasilkan karakter-karakter yang baik,” ungkap Fakhrul Jamal, salah seorang pemerhati pendidikan, saat Talkshow di Limawaktu.id,Kamis (13/8).

Dikatakan dia, Bila karakter-karakter baik seperti 'BERSIH' ,  bersih hatinya, bersih pikirannya,  bersih jiwanya, kemudian 'TERTIB' dalam melaksanakan segala sesuatu sesuai dengan tata aturannya dan 'DISIPLIN' dalam mengejar cita-cita, maka diyakini anak atau peserta didik akan mencapai keberhasilan dan kebahagiaan dalam hidupnya.

“Suasana senang dan bahagia itu terletak pada hati dan rasa yang harus dihadirkan, karena anak akan terjaga hati dan karakternya, untuk tidak mengambil punya orang lain,” katanya.

JIka seorang anak sudah memiliki karakter bersih maka diri dan jwanya akan tertata dengan baik, sehingga dia akan tertib dalam hidupnya.

“Dengan tertata, maka dia akan jujur dan memiliki jiwa yang jujur dan tertib,” paparnya.

Manusia itu dimana-mana ingin  mencari kebahagiaan, dan itu berasal dari kata salam. Untuk mencapainya bisa dilatih sejak usia dini, bahkan sejak anak masih dalam kandungan ibunya. Sedangkan untuk para guru atau pendidik, maka dia harus kreatif dan melakukan inovasi agar anak tertarik kepada pembelajaran yang diberikan oleh gurunya.

“Wajar jika pendidik ada dalam posisi yang istimewa karena akan melahirkan berbagai karakter anak didiknya dikemudian hari,” tambahnya.

Selengkapnya, Simak Videonya.  

Baca Lainnya

Topik Populer

Berita Populer