Senin, 17 Desember 2018 10:34

Bela Negara, Pemuda Pancasila Lembang Tanam Pohon di Lahan Kritis 1.300 mdpl

Reporter : Fery Bangkit 
Penyerahan bibit untuk ditanam diatas ketingggian 1.300 mdpl, Gunung Batu, tepat di atas patahan Lembang.
Penyerahan bibit untuk ditanam diatas ketingggian 1.300 mdpl, Gunung Batu, tepat di atas patahan Lembang. [Fery Bangkit/Limawaktu]

Limawaktu.id - Ratusan bibit pohon dari berbagai jenis di tanam diatas ketingggian 1.300 mdpl, Gunung Batu, tepat di atas patahan Lembang, Desa Langensari, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, kemarin.

Penanaman pohon itu diinisiasi Pengurus Anak Cabang (PAC) Pemuda Pancasila Kecamatan Lembang bersama Satpol PP dan stakeholder lainnya di wilayah Lembang. Penanaman pohon dilakukan dalam rangkaian memperingati Hari Bela Negara yang jatuh pada tanggal 19 Desember mendatang.

Ketua PAC Pemuda pancasila Kecamatan Lembang, Agus Ozon mengatakan, bela negara adalah sikap patriotisme dalam mempertahankan NKRI, dimana setiap warga negara memiliki kewajiban yang sama dalam masalah pembelaan negara. Menurutnya, melestarikan alam dengan cara menanam pohon pun merupakan aksi bela negara.

"Bagi kami, ini adalah  wujud kecintaan seorang warga negara pada tanah air, menjaga alam merupakan tugas setiap warga negara, karena kerusakan alam pun akan mengancam kehancuran sebuah bangsa,"kata Ozon.

Dikatakan Ozon, wilayah Lembang saat ini tengah mengalami kerusakan lingkungan yang kritis. Hal itu lantaran tak seimbangnya antara pembangunan atau penggunaan lahan dengan penghijauannya. Untuk itu, kata, ia mengajak kepada semua stakeholder sama-sama menjaga dan melestarikan lingkungan.

"Pembangunan dan alih fungsi lahan yang tidak terkendali, banyak tangkapan air yang strategis digunakan lahan bisnis (tempat wisata) sehingga jika terjadi hujan akan menyebabkan air yang turun ke dataran rendah tak terkendali sehingga banjir pun tidak dapat dielakan lagi," kata Ozon.

Sementara itu, Ketua Majelis Pimpinan Cabang Pemuda Pancasila Kabupaten Bandung Barat (MPC PP KBB) Deniswara, mengapresiasi sksi nyata PAC Pemuda Pancasila Kecamatan Lembang  dalam melakukan penghijauan. Menurutnya itu adalah Bukti Nyata jika Ormas dalam membela negara dimulai dengan merawat lingkungannya. 

"Jika hal kecil tidak dilakukan apalah artinya jika kita bikin rencana yang lebih besar,"tambah Denis.

Sementara itu, perwakilan masyarakat Lembang, Wawan yang sehari - hari berada dikawasan Gunung Batu mengatakan, penghijauan yang dilakukan Pemuda Pancasila merupakan kegiatan postif yang harus didukung oleh seluruh elemen masyarakat. Pasalnya, saat ini Lembang tengah mengalami degradasi tangkapan air. 

"Iya ini bagus, harus didukung, karena di puncak gunung batu harus hijau, kan kalau pohonnya tinggi juga nanti bisa pake berteduh bagi pengunjung," ujar Wawan.

Baca Lainnya

Topik Populer

Berita Populer