Sabtu, 13 Oktober 2018 12:27

Begini Cerita Korban Tsunami Palu Kepada Wakil Wali Kota Cimahi Ngatiyana 

Reporter : Bubun Munawar

Limawaktu.id, Cimahi - Korban Tsunami Palu, Donggala dan Sigi beberapa waktu lalu yang selamat mungkin secara fisik tampak tak kurang suatu apapun. Namun, masalah psikologis mengancam hidup mereka dalam beberapa hari dan minggu pasca kejadian.

Seperti diceritakan Dadan Gandara, salah seorang dari enam warga Kota Cimahi yang selamat saat peristiwa tsunami tersebut kepada Wakil Wali Kota Cimahi Ngatiyana saat menjenguk korban di RW 07 Kelurahan Padasuka Kota Cimahi.

Menurut Dadan, saat peristiwa Gempa dan Tsunami tersebut, dirinya sedang mempersiapkan acara untuk sebuah even di hotel tempatnya bekerja, tiba-tiba terjadi gempa yang disusul tsunami, dan meluluhlantakan sejumlah bangunan di Palu, Donggala dan Sigi. 

"Kejadiannya sangat tiba-tiba sehingga saya sangat panik saat itu, semuanya mencoba menyelamatkan dirinya masing-masing," ungkapnya, Jum'at (12/10). 

Dikatakannya, usai kejadian empat desa dalam kondisi rata dengan tanah dan kehidupan di Kota Sigi seperti kota mati, karena listrik padam ketersediaan BBM pun menipis. Beruntung dia dan enam warga Cimahi lainnya selamat. 

"Kami ucapkan tertimakasih kepada Pemerintah Jawa Barat dan Kota Cimahi yang sudah memberikan bantuannya kepada korban bencana  ini," jelasnya. 

Sementara Asep Rahmat, relawan asal Kota Cimahi menyebutkan, ada 285 orang warga Jawa Barat yang terdata selamat saat tsunami Palu tersebut, dengan pesawat yang membawa relawan ke lokasi bencana, sepulangnya dari Palu, 60 an warga Jawa Barat termasuk enam dari Cimahi sudah dibawa pulang menuju kampung halamanya masing-masing. 

Sementara Wakil Wali Kota Cimahi Ngatiyana mengatakan, dirinya berkunjung ke kediaman Dadan Gandara untuk menengok dan melihat bagaimana keadaan korban gempa dan tsunami Palu. 
"Atas nama Pemerintah Kota Cimahi saya menyampaikan bela sungkawa atas musibah yang terjadi di Palu ini. Alhamdulillah enam warga Kota Cimahi yang selamat sudah kembali lagi dan berkumpul bersama keluarganya," pungkasnya.   

Baca Lainnya