Sabtu, 24 November 2018 11:11

Begini Cara Pemanfaatan Karya Teknologi Tepat Guna di Masyarakat 

Reporter : Bubun Munawar

Limawaktu.id,- Penerapan teknologi tepat guna menjadi hal yang penting untuk diimplementasikan di masyarakat, agar  karya teknologi tepat guna tersebut bisa dimanfaatkan untuk menopang kebutuhan masyarakat.

Hal itu mengemuka saat diskusi penerapan Teknologi Tepat Guna yang digelar Dinas Koperasi Perindustrian, Perdagangan dan UMKM Kota Cimahi di Technopark, Jalan Baros Kota Cimahi pada Jum'at 23 november 2018. 

"Diskusi ini untuk merencanakan bagaimana penerapan teknologi tepat guna di lingkungan masyarakat, sehingga karya teknologi yang dibuat oleh komunitas yang ada bisa termanfaatkan," jelas Kepala Seksi Perindustrian Non Argo Andi Hernandi disela acara, pada Jum'at (23/11/2018). 

Sementara, Akademi asal Politeknik TEDC Suharto mengungkapkan, lembaga perguruan tinggi harus mau membantu masyarakat dalam transfer teknologi yang dapat dijangkau oleh masyarakat dan bisa bermanfaat untuk menopang ekonomi masyarakat. 

Perguruan Tinggal harus mau melakukan transfer teknologi yang berbasis masyarakat sehingga mereka tak sulit untuk memanfaatkan karya teknologi yang dibuat. Sebab, masih banyak masyarakat yang belum faham dengan teknologi, karenanya para akademisi harus mau melakukannya.  

"Masyarakat pada umumnya tak faham dengan teknologi tinggi karenanya penerapan teknologi tepat guna bisa dilakukan untuk membantu dalam memenuhi kebutuhan masyarakat," ujarnya. 

Hal yang sama disampaikan Putu Arta, Akademisi asal Fakultas Teknik Unjani. Dirinya menggali kebutuhan apa yang harus dipenuhi oleh masyarakat sehingga bisa mengambil solusi dengan memanfaatkan teknologi tepat guna untuk mendukung apa yang diinginkan warga.

Baca Lainnya