Selasa, 30 Oktober 2018 14:40

Begini Cara FKS KBB Mencegah Kerawanan Sosial di Masyarakat 

Reporter : Bubun Munawar

Limawaktu.id,- Mencegah konflik dan meningkatkan nilai-nilai gotongroyong, bisa dilakukan dengan berbagai cara. Salah satunya dengan menampung setiap aspirasi masyarakat untuk menanggulangi permasalahan sosial. 

Melalui Forum Keserasian Sosial (FKS) Kabupaten Bandung Barat (KBB), para pemuda diberikan pemahaman bagaimana menjadi garda terdepan dalam penanganan permasalahan sosial. 

FKS merupakan bentukan dari Kementerian Sosial RI dalam menjalankan amanat konstitusi yang tertuang dalam Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2012 tentang Penanganan Konflik Sosial yang dituangkan dalam  Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 2 Tahun 2015.

Kabid Sosial Dinas Sosial Kabupaten Bandung Barat Yuyun mengatakan, FKS merupakan wadah yang cukup efektif dalam menangkal permasalahan sosial yang ada di masyarakat, 
"Forum ini bertemu unsur masyarakat untuk berdiskusi tentang  isu-isu aktual yang berkembang, serta membahas permasalahan sosial yang muncul," ungkapnya, usai Diskusi Tematik FKS yang digelar Form Pemuda Desa Sirnagalih, Kecamatan Cipongkor Kabupaten Bandung Barat, belum lama ini. 

Dengan mulai menipisnya nilai-nilai gotong royong, masyarakat harus diingatkan kembali agar kerukunan diantara mereka bisa terus terpelihara. 

Sementara, Ketua FKS H. Dody mengatakan, Dialog Tematik ini menjadi sarana silaturahmi antar warga dalam menjaga kebhinekaan yang ada. Kegiatan yang diprakarsasi Fraksi PDIP DPR RI tersebut, menghadirkan perwakilan pemuda, Kepala Desa Sirnagalih, babinsa dan tokoh masyarakat bertujuan untuk mewujudkan masyarakat yang aman, damai, dan sejahtera.

"Harapan kami, semoga silaturahmi antara warga bisa terus terjaga, kami mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah mendukung dialog ini," pungkasnya.

Baca Lainnya