Sabtu, 18 November 2017 23:00

Bebaskan Lahan Terminal Cibeber, Pemkot Cimahi Alokasikan Rp 2 M

Reporter : Fery Bangkit 
Ilustrasi
Ilustrasi [pixabay]

Limawaktu.id, – Pemerintah Kota Cimahi mengalokasikan anggaran Rp 2 miliar untuk pembebasan lahan di cibeber, Cimahi Selatan. Lahan tersebut akan digunakan untuk pembuatan terminal tipe C atau sub terminal.

Kepala Bidang Angkutan dan Penerangan Jalan Umum Dinas Pehubungan Kota Cimahi, Endang menyebutkan, pihaknya menargetkan, pembebasan lahan untuk pembuatan terminal di Cibeber tuntas tahun ini.

“Kita kalau semuanya lancar tahun ini. Kita alokasikan Rp 2 miliar. Tapi untuk pembayaran nantinya disesuaikan dengan luas dan kesepakatan harga per meternya,” jelas Endang, melalui pesan singkat, Sabtu (18/11/2017).

Rencananya, kata dia, pihaknya akan membebeaskan lahan sekitar 750 hingga 1.000 meter. Lahan yang katanya terletak di RW 6 Kelurahan Cibeber itu hanya terdapat dua Kepala Keluarga (KK), sisanya merupakan lahan kosong.

Jika berbicara keinginan, ujar Endang, pihaknya ingin membuat terminal yang ideal, yang bisa mengakomodir tersedianya sarana dan prasarana penunjang seperti WC dan sebagainya.

“Tapi melihat kondisi yang ada, mungkin minimal 750-1.000 meter ini yang lagi kita usahakan. Idealnya lebih dari 1.000 meter,” bebernya.

Dalam waktu dekat, lanjut Endang, pihaknya segera melakukan sosialisasi terkait rencana pembebasan lahan dan pembuatan terminal Cibeber.

“Ngobrol-ngorbol dengan yang punya mah sudah. Kita akan jadwalkan untuk sosialisasi,” katanya.

Pembuatan terminal Cibeber dimaksudkan untuk memfasilitasi angkutan umum atau angkot trayek Cimahi-Leuwigajah-Cibeber dan trayek Cimahi-Contong-Cibeber.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Cimahi, Tata Wikanta mengatakan, bila pembebasan lahan selesai tahun ini, kemungkinan tahun depan akan langsung ke tahapan pembangunan fisik.

“Mudah-mudahan terealisasi sub terminal Cibeber tahun ini pembebeasan lahannya. Tahun depan mungkin sudah bisa dibangun terminal,” katanya.

Sejauh ini, Pemerintah Kota Cimahi baru memliki terminal Cimindi, Pasar Atas dan Pasar Antri. Semuanya merupakan terminal tipe C atau subterminal. (kit)*

Baca Lainnya