Sabtu, 2 April 2022 20:35

Baznas Jabar Siap Luncurkan Aplikasi Agar Berkah

Reporter : Iman Nurdin
Baznas Jabar akan luncurkan aplikasi ZX Senin (4/04/2022) mendatang.
Baznas Jabar akan luncurkan aplikasi ZX Senin (4/04/2022) mendatang. [Istimewa]

Kota Bandung (limawaktu.id), - Badan Amil zakat Nasional (Baznas) Jawa Barat siap meluncurkan Aplikasi ZX, Senin 4 April 2022 mendatang. Rencananya, peluncuran bakal digelar di Pendopo Kota Bandung.

Aplikasi yang dapat beroperasi untuk smartphone Android ini merupakan konvergensi transaksi dunia dan akhirat yang pertama di Dunia. Dengan berbagai fitur yang disediakan, mulai dari layanan ambulan, kesehatan, spiritual, cinta, dan juga donasi.

Wakil Ketua I Bidang Penghimpunan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Provinsi Jawa Barat, Rachmat Ari menerangkan, aplikasi ZX memiliki kegunaannya sangat bermanfaat bagi seluruh masyarakat, khususnya Kota Bandung.

"Muzakki, munfiq (orang-orang yang mengeluarkan infak), dan mutashaddiq, yang ada di Kota Bandung, baik dari kalangan Aparatur Sipil Negara (ASN) maupun non ASN dalam menggunakan berbagai layanan dapat lebih mudah dan sangat praktis untuk berinfak secara sederhana," ucap Rachmat usai bertemu Pelaksana Tugas Wali Kota Bandung, Yana Mulyana di Balai Kota Bandung, Jumat 1 April 2022.

Ia mengungkapkan, aplikasi ini dapat memanggil ambulans semudah memesan ojek online. Aplikasi ZX merupakan digitalisasi pertama layanan darurat di Kota Bandung dan Indonesia. 

"Hari Senin nanti ketika ZX diluncurkan, kami akan undang ambulans dan puskesmas di Kota Bandung untuk didaftarkan ke aplikasi ini sebagai layanan online, dan ada sebanyak 1.500 armada ambulans siap Bergabung se-Indonesia," tuturnya.

Rachmat menerangkan, ZX bekerja sama dengan pemerintah daerah, Baznas seluruh Kota dan Kabupaten termasuk seluruh kekuatan Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) islam yang dikumpulkan untuk disentralisasi dan digitalisasi.

Menanggapi hal itu, Plt Wali Kota Bandung Yana Mulyana, mengapresiasi dan menyampaikan bahwa ZX merupakan suatu inovasi yang luar biasa.

"Terjadi satu lompatan yang bisa mengimpun potensi zakat umat Kota Bandung," ucap Yana.

Yana berharap, semua kebutuhan masyarakat khususnya Kota Bandung bisa tersalurkan lewat aplikasi ZX

"Semoga aplikasi ZX dapat menyejahterakan masyarakat Kota Bandung, bisa berjalan sesuai dengan apa yang diharapkan, dapat memberikan manfaat sebesar-besarnya," tuturnya.

Sebagai informasi, selain layanan kesehatan, ZX juga menyediakan layanan berinfak, zakat, sedekah, kurban, membayar air dan listrik yang mana rekeningnya nanti langsung masuk ke Baznas Kota Bandung. 

"Bedanya dengan yang lain, biaya administrasi yang ada disini akan menjadi sedekah," tutur Rachmat. (rls) **

 

 

 

Baca Lainnya

Topik Populer