Jumat, 21 Desember 2018 12:51

Bayar Parkir di Cimahi Motor itu Rp1.000, Bukan Rp2.000 Apalagi Rp5.000

Reporter : Fery Bangkit 
Pembinaan Juru Parkir Cimahi.
Pembinaan Juru Parkir Cimahi. [Fery Bangkit/Limawaktu]

Limawaktu.id - Aksi juru parkir (jukir) nakal masih dikeluhkan masyarakat. Semakin risih apabila sampai terjadi pungutan liar (pungli) yang dilakukan jukir.

Untuk itu, Dinas Perhubungan Kota Cimahi rutin melaksanakan pembinaan bagi jukir jalan umum (on street). Seperti yang dilaksanakan, Kamis (20/12/2018) di Aula Gedung A Pemkot Cimahi Jln. Raden Demang Hardjakusumah. Ada sekitar 150 juru parkir legal yang mendapat pembinaan. Mereka mengelola 87 titik parkir di jalan Kota Cimahi.

Baca Juga : Sumbangan PAD dari 225 Juru Parkir di KBB

Wali Kota Cimahi, Ajay Muhammad Priatna mengakui, prilaku juru parkir nakal saat ini masih ada. Ia mencontohkan, ada jukir yang mendapat Rp 5.000 dari konsumen, namun dengan sengaja tak mendapat uang kembalian. 

Padahal, dalam Peraturan Daerah (Perda) Nomor 2 Tahun 2017, besaran tarif parkir yang berlaku yaitu truk/bus besar Rp 5000, bus sedang Rp 3000, angkutan barang/box/pick up Rp 2500, kendaraan roda empat/sedan Rp 2000, serta sepeda motor Rp 1000.

Baca Juga : Realisasi PAD dari Jasa Parkir di Cimahi Belum Penuhi Target

"Diharapkan dengan pembinaan ini, mereka bisa melayani dengan baik. Banyak kan kejadian ambil uangnya, udah itu pergi aja. Nah, setelah ada pembinaan yang seperti itu tidak ada lagi," tegasnya.

Dalam pembinaan itu, para jukir on street diberikan perlengkapan atribut seperti rompi, topi dan kartu identitas. Perlengkapan atribut itu sebagai penanda bahwa mereka merupakan jukir legal yang dikelola Dinas Perhubungan Kota Cimahi.

Baca Juga : Musim Hujan, Pendapatan Tukang Parkir di Cimahi Merosot

Kepala Bidang Lalu Lintas pada Dinas Perhubungan Kota Cimahi, Endang menambahkan, ada beberapa kinerja jukir yang harus dibenahi terutama dari segi penataan parkir kendaraan. Pasalnya, di lapangan masih banyak ditemukan pengendara parki tanpa aturan.

"Petugas parkir harus berani mengarahkan masyarakat yang akan memarkirkan kendaraannya. Juru parkir jangan ragu melaksanakan tugas," tegasnya.

Baca Lainnya

Topik Populer

Berita Populer