Rabu, 20 Desember 2023 16:42

Bawaslu Kota Cimahi Lakukan Pengawasan Melekat Logistik Pemilu 2024

Penulis : Bubun Munawar
Koordinator Divisi SDM, Organisasi dan Diklat Bawaslu Kota Cimahi Ahmad Hidayat  memberikan keterangan pers terkait pengawasan melekat logistik Pemilu 2024, di Kantor Bawaslu, Rabu (20/12/2023)
Koordinator Divisi SDM, Organisasi dan Diklat Bawaslu Kota Cimahi Ahmad Hidayat memberikan keterangan pers terkait pengawasan melekat logistik Pemilu 2024, di Kantor Bawaslu, Rabu (20/12/2023) [Limawaktu.id]

Limawaktu.id, Kota Cimahi - Untuk memastikan pengadaan dan pendistribusian logistik Pemilu 2024 di Kota Cimahi sesuai dengan prinsip tepat jenis, tepat jumlah, tepat waktu, tepat kualitas, tepat sasaran dan tepat biaya, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Cimahi melakukan pengawasan secara langsung atau melekat .

 Adapun Logistik Pemilu yang didistribusikan ke gudang KPU Kota Cimahi tersebut  berupa surat suara Pemilu yang akan digunakan pada Pemilu Presiden, Pemilihan DPD, Pemilihan Anggoat DPR RI, Pmeilihan Anggota DPRD Provinsi dan Pemilihan Anggota DPRD Kota, bilik suara maupun kota suara, yang disimpan di Gudang Bulog Jalan Mahar Martanegara Kelurahan Utama, Kecamatan Cimahi Selatan Kota Cimahi.

Koordinator Divisi SDM, Organisasi dan Diklat Bawaslu Kota Cimahi Ahmad Hidayat mengungkapkan,  Bawaslu sangat berkepentingan melakukan pengawasan melekat atas proses yang dilaksanakan oleh KPU Kota Cimahi .

“Kami harus memastikan jika logistik yang menjadi kewajiban KPU untuk Pemilu 2024 ini bisa terlaksana dengan baik,”  ungkapnya, dalam jumpa pers yang digelar di Kantor Bawaslu Kota Cimahi, Rabu (20/12/2023).

Menurutnya, untuk surat suara yang akan digunakan dalam Pemilihan Presiden, Pemilihan Anggota DPR RI, anggota DPD, anggota DPRD Provinsi dan anggota DPRD Kota Cimahi sudah seratus persen lengkap.

“Jumlah surat suara yang sudah tersimpan di Gudang KPU tersebut secara jumlah dan kualitas sudah sesuai dengan kebutuhan,” katanya.

Dia menyebutkan, jumlah surat suara yang ada di gudang KPU tersebut sesuai dengan jumlah Daftar Pemilih  Tetap (DPT) di masing-masing Dapil ditambah dengan 2 persen surat suara tambahan atau  jika ada yang rusak dan 1000 surat suara jika ada pemilihan ulang.

“Nantinya saat dilakukan penyortiran dan pelipatan surat suara, seluruh petugas yang akan masuk ke dalam gudang kami meminta kepada aparat kepolisian untuk melakukan pemeriksaan sehingga dipastikan diperiksa badannya, tidak membawa barang yang membahayakan serta yang  besangkutan dalam kondisi steril,” pungkasnya.

Diberitakan Limawaktu.id sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Cimahi melakukan pengawalan surat suara Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, yang diambil dari Kabupaten Nganjuk Jawa Timur, hingga tiba di Gudang Bulog yang disewa sebagai Gudang KPU KOta Cimahi, di Jalan Mahar Martanegara, Kelurahan Utama Kecamatan Cimahi Selatan.

 Ketua KPU Kota Cimahi Anzhar Ishal Afryand menyebutkan, pihaknya melakukan pengawalan surat suara DPR RI dan DPRD Provinsi Jawa Barat yang diambil dari Kabupaten Nganjuk Jawa Timur hingga tibanya di Gudang KPU Kota Cimahi.

“Kita kawal dari Kabupaten Nganjuk sejak 15 Desember 2023 dan tiba di Gudang KPU pada 16 Desember 2023 sore hari,” sebutnya, di Gudang KPU Kota Cimahi, Sabtu (16/12/2023) sore.

Dikatakannya, jumlah surat suara untuk DPR RI dan DPRD Provinsi tersebut sebanyak 425.761 surat suara, yang sudah sesuai dengan kebutuhan. Selanjutnya pihaknya akan melakukan koordinasi dengan KPU Provinsi Jawa Barat terkait pensortiran dan pelipatan surat suara yang akan digunakan pada saat hari pencoblosan 14 Februari 2023.

“Kami akan koordinasi dengan KPU Provinsi terkait Juknis pelipatan surat suara tersebut, mudah-mudahan dalam pekan depan sudah bisa dilaksanakan,” katanya.

Dia menjelaskan, hingga 16 Desember 2023, surat suara yang dibutuhkan untuk pelaksanaan Pemilu 2024 ini sudah lengkap baik untuk surat suara Pilpres, DPD, DPR RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kota. Tinggal formulir-formulir yang dibutuhkan sebagai pelengkap dari administrasi Pemilu 2024.

“Kelengkapan kebutuhan formulir diperkirakan akhir Desember ini atau awal Januari sudah kami terima,” pungkasnya.

Baca Lainnya