Sabtu, 24 Februari 2024 16:39

Bawaslu Kota Cimahi Awasi Pelaksanaan PSU dan PSL di 4 TPS

Penulis : Bubun Munawar
Petugas KPPS sedang melaksanakan Pemungutan Suara Ulang di TPS 60 Utama, Sabtu (24/2/2024)
Petugas KPPS sedang melaksanakan Pemungutan Suara Ulang di TPS 60 Utama, Sabtu (24/2/2024) [Limawaktu.id]

Limawaktu.id, Kota Cimahi - Pengawasan Ketat dilakukan Badan Pengawas Pemilihan Umum ( Bawaslu) Kota Cimahi saat dilaksanakannya Pemilihan Suara Ulang (PSU) dan Pemungutan Suara Lanjutan (PSL) di empat TPS yang berlokaso di Kelurahan Utama, masing-masing TPS 5, TPS 6, TPS 7 dan TPS 60, Sabtu (23/02/2024).

Kordiv P2HM Bawaslu Kota Cimahi, Akhmad Yasin Nugraha mengatakan, pengawas yang ditugaskan untuk TPS 60 telah diberikan arahan yang jelas untuk memastikan tidak terjadi kesalahan atau pelanggaran selama proses pemungutan suara.

"Alhamdulillah pada hari ini tanggal 24 Februari 2024, kami Bawaslu Kota Cimahi melaksanakan pengawasan terkait dengan Pemungutan Suara Ulang yang dilakukan oleh KPU Kota Cimahi di TPS 60 kelurahan Utama, Kecamatan Cimahi Selatan," ucapnya.

Dia menjelaskan, di TPS 60 ini  belum dilaksanakan pemungutan suara, sehingga hari ini menjadi momentum penting di mana semua jenis surat suara dapat diakomodasi. Meskipun hanya TPS 60 yang menjalani pemungutan suara ulang, namun ada tiga TPS lain yang melaksnakana Pemungutan Suara Lanjutan (PSL).

"Dala  konteks pengawasan sudah melakukan koordinasi baik secara internal karena kami pun harus menyiapkan pengawas kami terutama untuk pengawas TPS 60 kami sudah berikan arahan agar ketika berlangsungnya pemungutan suara ini tidak ada kesalahan dan pelanggaran yang terjadi," kata Yasin.

Menurutnya, PSU dan PSL ini merupakan kelanjutan dari pelaksanaan Pemungutan Suara yang dilaskanakan 14 Februari 2024.

"Karena memang dari awalnya di TPS 60 belum dilaksanakan pemungutan jadi hari ini semua jenis surat suara dilakukan. Untuk di Cimahi sendiri yang PSU itu hanya TPS 60 saja walau pun ada tiga TPS itu PSL, Jadi melanjutkan apa yang sudah dilaksanakan pada 14 Februari, itu TPS 5 6 7 di Cimahi Selatan," tambah Yasin.

Bawaslu Kota Cimahi juga mengapresiasi partisipasi aktif masyarakat dalam memastikan transparansi dan keabsahan proses pemilihan umum. Semua pihak diharapkan dapat terus mendukung dan mengawasi proses ini agar dapat berlangsung dengan lancar dan sesuai dengan prinsip-prinsip demokrasi yang berlaku.

"Dengan hasil pengawasan yang memuaskan pada hari ini, Bawaslu Kota Cimahi berkomitmen untuk terus menjalankan tugasnya secara profesional dan independen guna menjamin keberlangsungan proses demokrasi yang adil dan berkualitas bagi seluruh masyarakat Kota Cimahi, tandasnya.

Baca Lainnya