Rabu, 28 Juli 2021 11:30

Bansos jadi Solusi Dampak PPKM Bagi Pedagang

Penulis : Bubun Munawar
Kepala Disdagkoperin Kota Cimahi Dadan Darmawan
Kepala Disdagkoperin Kota Cimahi Dadan Darmawan [Foto : Jabar Ekspres]

Limawaktu. Id,- Kepala Dinas Perdagangan Koperasi,UMKM dan Perindustrian (Disdagkoperin) Kota Cimahi Dadan Darmawan mengaku prihatin atas penurunan pendapatan para pedagang di Pasar Antri Baru.

Dia mengungkapkan, untuk salah satu solusi untuk  menanggulangi dampak yang ditimbulkan oleh pelaksanaan PPKM Darurat, akan dilakukan penanganan melalui bansos. Saat ini Pemerintah Provinsi sedang minta data untuk mereka yang bergerak dibidang pariwisata, UMKM, Sosial dan Perdagangan.

“Untuk bansos dari Pemkot Cimahi saya belum mendapatkan informasi yang lebih jelas karena saat ini sedang melaksanakan Diklat,” ungkap Dadan, Rabu (28/7/2021)

“Sementara untuk UMKM sedang ditindaklanjuti dengan pihak kelurahan,” jelasnya.

Sebelumnya, Ketua Paguyuban Pedagang Pasar Antri Baru Cimahi Agus Rudiyanto mengungkapkan, secara keseluruhan dampak PPKM  sangat berpengaruh  terhadap omzet penjualan para pedagang yang berada Pasar Antri.

“Para pedagang di Pasar Antri Baru menurun pendapatannya lebih dari  50 %  karena penurunan omset ,” ungkapnya, saat dihubungi, Senin  (26/7/2021).

Selain itu, kata dia, pemberlakuan PPKM tersebut juga mengakibatkan aktivitas masyarakat untuk berusaha menjadi terganggu sehingga berpengaruh pada  daya beli masyarakat yang sangat menurun. Penurunan daya beli masyarakat juga mengakibatkan penurunan warga yang berbelanja di pasar, khususnya Pasar Antri Baru.

“Warga yang datang ke Pasar Antri untuk berbelanja pun terjadi penurunan yang sangat drastis, “ sebutnya.

Para pedagang sangat berharap agar pemerintah selama menjalankan PPKM ini dibarengi dengan solusi, sehingga para pedagang tidak terlalu terpengaruh oleh dampak yang ditimbulkan oleh kebijakan pemberlakuan PPKM.

“Kalau  boleh saran dari para pedagang  pemberlakuan PPKM dibarengi dengan solusinya. Karena itulah keluhan yang dirasakan oleh para pedagang,” katanya.

Salah satu yang diharapkan dari pemerintah untuk para pedagang akibat dampak dari penerapan PPKM yaitu adanya bantuan modal usaha dari pemerintah bagi para pedagang, karena akibat PPKM ini mengakibatkan modal usaha para pedagang menurun.

“Kami harapkan pemerintah bisa memberikan bantuan modal, karena modal yang  kemarin dijalankan sudah habis,” pungkasnya.

 

 

Baca Lainnya