Jumat, 10 Januari 2020 17:31

Banjir Sambut Awal Tahun, Polres Cimahi Tanam 3 Ribu Pohon di Lembang

Reporter : Fery Bangkit 
Wakapolres Cimahi, Kompol Widi Setiawan saat menggelar aksi penanaman pohon
Wakapolres Cimahi, Kompol Widi Setiawan saat menggelar aksi penanaman pohon [Fery Bangkit]

Limawaktu.id - Awal tahun 2020 bisa disebut menjadi duka bagi sejumlah daerah di Indonesia. Pasalnya, awal tahun ini dibuka dengan bencana alam, dari mulai banjir hingga tanah longsor.

Di Jawa Barat, ada Kabupaten Bandung Barat (KBB), Bogor dan Bekasi yang dilanda banjir yang cukup parah. Kemudian ada Kabupaten Lebak, Provinsi Banten yang dilanda banjir bandang dan longsor hingga Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur (NTT). Begitupun di Ibu Kota Jakarta.

Berdasarkan informasi, berbagai peristiwa alam yang terjadi tidak hanya akibat dari curah ekstrem, melainkan pula akibat dari krisis ekologis yang dialami diberbagai daerah di Indonesia.

Berangkat dari kondisi tersebut, Kapolri Jenderal Pol Idham Azis mengintruksikan jajaran kepolisian di seluruh Indonesia untuk melaksanakan penanaman pohon secara serentak. Penanaman itu dilaksanakan Jumat (10/1/2020), bersama unsur TNI.

TNI dan Polri Saat Melakukan Penanaman Pohon

Hal ini disampaikan, Wakapolres Cimahi, Kompol Widi Setiawan saat menggelar aksi penanaman pohon di kawasan Geger Bentang Gunung Putri, Desa Jayagiri, Kecamatan Lembang, KBB. Ada 3 ribu pohon yang ditanam di lahan seluas 5 hekatare.

"Ini adalah salah satu program Kapolri dan hari ini dilakukan penanaman pohon serentak di seluruh Indonesia. Kalau Kapolri nanam di Cikeas nah, untuk KBB sendiri di pusatkan disini, di Jayagiri Lembang," ungkap Widi.

Dikatakannya, berbagai peristiwa bencana alam harus menjadi bahan introspeksi diri serta menumbuhkan kesadaran untuk bersama-sama memperbaiki alam. Salah satunya dengan melakukan penanaman pohon untuk meminimalisir bencana sekaligus memulihkan kawasan resapan air, bukan saling tuduh ataupun saling menyalahkan dengan adanya bencana banjir.

"Kita tidak boleh menyalahkan siapapun, kita introspeksi diri, kita perbaiki alam dengan penanaman pohon," ujarnya.

Tidak hanya di Kawasan Geger Bentang, setiap Polsek di wilayah hukum Polres Cimahi baik di asrama maupun di setiap Markas Komando (Mako) turut berpartisipasi melakukan penanaman pohon.

"Setiap Polsek maupun Polres baik di asrama maupun di Mako pada hari ini juga dilaksanakan penanaman pohon. Jadi yang ditanam itu macam-macam terutama pohon tanaman keras seperti pohon damar dan juga pohon buah seperti alpukat, nangka, kopi, dan lain-lain," pungkasnya.

Baca Lainnya