Rabu, 21 Maret 2018 19:09

Banjir Kepung Cimahi, Ajay Janji Perbaiki Drainase

Reporter : Fery Bangkit 
Banjir di salah satu wilayah di Cimahi.
Banjir di salah satu wilayah di Cimahi. [Limawaktu]

Limawaktu.id,- Wali Kota Cimahi, Ajay Muhammad Priatna menyebutkan, bahwa berbagai peristiwa alam yang terjadi kemarin merupakan kejadian luar biasa.

"Intinya memang itu adalah kejadian luar biasa. Kami ikut prihatin dengan kejadian kemarin," ujarnya saat ditemui usai safara di Warga RW 03 Kelurahan Cibeber, Kecamatan Cimahi Selatan, Kota Cimahi, Rabu (21/3/2019).

Berdasarkan data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Cimahi, dampak hujan deras disertai angin kencang pada Selasa (20/3/2018) sore mengakibatkan satu unit rumah mengalami rusak berat, satu unit rumah mengalami rusak sedang dan dua unit rumah rusak ringan.

Selain disebabkan cuaca ekstrim, terjadinya bencana alam seperti banjir di sejumlah titik dan rumah roboh juga disinyalir lantaran sistem drainase di Kota Cimahi yang tidak berfungsi optimal.

Untuk itu, Ajay menyatakan akan segera memperbaiki semua kekurangan yang ada dalam sistem drainase di Kota Cimahi.

"Kita akan benahi. Kami akan perbaiki supaya kejadian kemarin tidak terulang lagi," ujar Ajay.

Perihal kemungkinan untuk penetapan status bencana, Ajay mengatakan, untuk saat ini belum mengarah ke sana. "Sepertinya belum, tapi kita antisipasi iya," ucapnya.

Sementara itu, Kepala Seksi Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kota Cimahi menyatakan, pihaknya akan mengkaji kemungkinan untuk penetapan status darurat bencana. Hal itu dibutuhkan agar fokus terhadap penanganan dampak bencana bisa lebih optimal dan dilakukan antar lintas dinas.

"Lihat situasi di lapangan darurat, rumah rusak tidak bisa dihuni. Kita lapor dulu ke Wali Kota," katanya.

Sejumlah bantuan logistik dasar pun telah diberikan BPBD Kota Cimahi bagi warga yang terdampak bencana. Bantuan yang diberikan berupa terpal, air mineral dan lain-lain.