Selasa, 30 Oktober 2018 17:03

Banjir di Mahar dan Melong, DPKP Kota Cimahi Sentil PLN

Reporter : Fery Bangkit 
Banjir Yang Terjadi Di RW 2 Kelurahan Melong, Kecamatan Cimahi Selatan Kota Cimahi.
Banjir Yang Terjadi Di RW 2 Kelurahan Melong, Kecamatan Cimahi Selatan Kota Cimahi. [Fery Bangkit/Limawaktu]

Limawaktu.id, Cimahi - Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPKP) Kota Cimahi, M Nur Kuswandana, menyebutkan, masalah banjir Melong dan Jalan Mahar Martanegara saat musim hujan tak lepas perilaku buang sampah warga.

Menurutnya, banjir di dua kawasan tersebut akibat dangkalnya saluran sungai karena terdapat tumpukan sampah yang dibuang secara sembarangan oleh masyarakat sekitar. Ia mengatakan, perilaku masyarakat dalam membuang sampah ke aliran sungai menyumbang penyebab adanya banjir di dua kawasan tersebut.

Baca Juga : Banjir Hantui Warga Selama 12 Tahun, ini Pembelaan Ketua RW 02 dan Lurah Cibeber, Kota Cimahi

"Salah satunya sampah karena di gorong-gorongnya banyak kabel PLN dan kabel telepon sehingga sampah yang dibuang ke saluran air tersangkut dan air meluber ke jalan," ujar Nur saat dihubungi via sambungan telepon, Selasa (30/10/2018).

Namun, kata Nur, untuk menyelesaikan permasalahan adanya kabel PLN dan kabel telepon di gorong-gorongnya tersebut yang harus melakukan penindakannya yakni Satpol PP atau Dinas PUPR Kota Cimahi.

Baca Juga : Banjir Campur Air Limbah Hantui Warga Melong

"Karena itu adanya di gorong-gorong yang bisa menyebabkan banjir kalau sampah yang tersangkut di kabel itu sudah dibersihkan aliran air bakal normal kembali," katanya.

Menurutnya, dalam satu gorong-gorong terdapat empat kabel PLN berukuran besar yang diameternya mencapai 10 hingga 15 sentimeter, sehingga hal tersebut bisa menyebabkan banjir.

Baca Lainnya