Kamis, 10 Mei 2018 13:25

Bangun Depo Arsip, Ajay Incar Lahan di Aruman

Reporter : Fery Bangkit 
Wali Kota Cimahi Ajay Muhammad Priatna.
Wali Kota Cimahi Ajay Muhammad Priatna. [Limawaktu]

Limawaktu.id - Wali Kota Cimahi Ajay Muhammad Priatna mengincar Lahan di Jalan Aruman untuk dijadikan lokasi pembangunan Depo Arsip.

Dikatakannya, sebetulnya ada dua opsi bagi pihaknya untuk membangun depo arsip. Yakni di sekitar Plaza Rakyat Cimahi dan Jalan Aruman.

"Kelihatannya lebih cenderung di Aruman, karena ada syarat-syarat khusus untuk bangunan depo arsip," kata Ajay, Kamis (10/5/2018).

Selama hampir 17 tahun mandiri, Kota Cimahi belum memiliki depo arsip. Padahal, dalam Undang-undang Nomor 43 Tahun 2009, setiap kabupaten/kota diharuskan memiliki depo arsip.

Sebetulnya, pada 2014, Pemerintah Kota Cimahi sudah membuat site plan depo arsip di sekitar Komplek Pemerintah Kota Cimahi, Jalan Raden Demang Hardjakusumah. Namun, rencana pembangunan tersebut urung terealisasi karena posisi tanah dan kontur kelembaban udaranya tidak layak untuk dijadikan depo arsip.

Untuk rencana terbaru soal pembangunan depo arsip ini, lanjut Ajay, tahun ini pihaknya akan membuat Detail Engineering Design (DED) dan Feasibility Study.

"Tahun ini DED keluar, tahun depan kita bakal punya depo arsip," katanya.

Kebutuhan depo arsip di Kota Cimahi sendiri sangat mendesak. Selama ini, untuk menyimpan arsip dari zaman dulu hingga sekarang, Pemerintah Kota Cimahi terpaksa menyimpan arsip di ruang Bidang Arsip Dinas Komunikasi Informasi Arsip dan Perpustakaan (Diskominfoarpus) yang hanya memiliki luas sekitar 6x6 meter dan satu lantai.

Padahal, luas ideal untuk penyimpanan arsip itu minimalnya adalah 8x10 meter, dengan lima lantai. Artinya, ruangan yang saat ini dijadikan tempat menyimpan arsip masih belum layak.

Untuk membuat depo arsip yang sesuai standar, minimal lahan yang dibutuhkan adalah sekitar 1.000 meter. "Memang Cimahi belum punya gedung arsip ideal," kata Ajay.

Dikatakan Ajay, pengelolaan arsip sendiri sangat penting. Sebab, kata dia, arsip merupakan jantung ketatausahaan. Untuk itu, dirinya mengintruksikan kepada semua badan dan dinas di lingkungan Pemerintah Kota Cimahi agar menyimpan arsip dengan baik.

"Karena semua data mulai dari arsip bisa menyelamatkan dari hal-hal yang tidak diinginkan," pungkasnya.

Baca Lainnya