Selasa, 9 Oktober 2018 14:59

Bangun Area Parkir, DPUPR Gunduli Sawah di Komplek Pemkot Cimahi

Reporter : Fery Bangkit 
Proses pembuatan penataan parkir sedang berjalan dengan membuat pondasi. Alat berat pun sudah diterjunkan untuk memadatkan area yang tadinya merupakan lahan sawah.
Proses pembuatan penataan parkir sedang berjalan dengan membuat pondasi. Alat berat pun sudah diterjunkan untuk memadatkan area yang tadinya merupakan lahan sawah. [Fery Bangkit/Limawaktu]

Limawaktu.id, Cimahi - Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Cimahi tengah menyiapkan lahan untuk area parkir Masjid Pemkot Cimahi.

Untuk menyediakan lahan parkir tersebut, DPUPR terpaksa menggunduli lahan sawah yang tepat berada di area masjid. Total anggaran yang sudah disiapkan mencapai Rp918.310.171 yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Cimahi.

Kepala Dinas PUPR Kota Cimahi, Achmad Nuryana mengatakan, proses pembuatan penataan parkir sedang berjalan dengan membuat pondasi. Alat berat pun sudah diterjunkan untuk memadatkan area yang tadinya merupakan lahan sawah.

"Untuk penataan parkir, kita buatkan pondasi dulu biar padat. Sekarang disiapkan dulu untuk pejalan kaki," katanya saat ditemui di Pemkot Cimahi, Jln. Rd. Hardjakusumah, Selasa (9/10/2018).

Pembuatan area parkir sendiri untuk menunjang keberadaan masjid yang berdiri di atas embung milik UPT Air Minum Kota Cimahi. Selain tempat parkir, akan dilengkapi juga dengan Ruang Terbuka Hijau (RTH).

Kemungkinan, penataan parkir tidak akan selesai tahun ini. Selain fokus pada penguatan pondasi, pihaknya juga tengah fokus untuk penuntasan masjid. Saat ini, Pembangunan lanjutan sedang berlangsung dengan anggaran Rp2.757.446.866.

"Pembangunan tahap kedua sudah jalan. Sesuai target akhir Desember selesai," kata Achmad.

Sekedar informasi, pembangunan masjid yang terletak di atas embung UPT Air Minum Kota Cimahi mulai bangun sejak 12 September 2017. Anggarannya mencapai Rp 2,9 miliar yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Cimahi. Hingga akhir kontrak, pembangunan diklaim sudah mencapai 55%.

Berdasarkan desain, Masjid Perkantoran Pemkot Cimahi itu akan memiliki tiga lantai. Pertama ada lantai dasar dengan luas 212 meter persegi.

Lantai dua akan memiliki kapasitas untuk menampung 350 jemaah, dengan luas 400 meter persegi. Lantai ketiga luasnya 252 meter persegi, dengan kapasitas jemaah maksimal 225 orang. 

Baca Lainnya