Jumat, 10 Mei 2024 15:04

Bandung Week Market Misi Dagang Kota Bandung di Bali

Penulis : Saiful Huda Ems (SHE)
Salah seorang wistawan mengunjungi salah satu stan Bandung Week Market di Beachwalk Shopping Center, Bali
Salah seorang wistawan mengunjungi salah satu stan Bandung Week Market di Beachwalk Shopping Center, Bali [Humas Kota Bandung]

Limawaktu.id, Kota Bandung -  Plh Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bandung Hikmat Ginanjar mendorong Pasar Minggu Bandung sebagai ajang naik kelas bagi pelaku usaha di Kota Bandung.

Menurutnya, kegiatan ini merupakan misi dagang bagi produk ekspor unggulan Kota Bandung yang ada di bawah naungan Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung.

Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) bersama Dekranasda Kota Bandung menginisiasi kegiatan Pasar Minggu Bandung 2024 di Beachwalk Shopping Center, Bali pada 7 sampai dengan 12 Mei 2024.

Pada gelaran kali ini, Bandung Week Market menghadirkan 20 pelaku usaha dari Kota Bandung dengan berbagai kategori produk meliputi Produk Fashion, Fashion Aksesoris, Kuliner (Makanan dan Minuman dalam kemasan) dan Home Decor Product. Selain itu, ada juga 2 tenan UMKM Kabupaten Badung yang mengikuti acara ini.

“Kami meyakini Pasar Minggu Bandung merupakan pilihan kebijakan yang jitu guna menghadirkan produk-produk lokal UMKM, naik kelas ke skala nasional dan akhirnya diekspor ke negara lain,” katanya.

Hikmat menyebut, Beachwalk Shopping Center yang terletak di Kabupaten Badung, Bali, dijadikan tempat unjuk gigi produk UMKM Kota Bandung karena kerja sama antar pemerintah daerah yang baik, dengan modal kreativitas yang sama-sama dimiliki.

“Kabupaten Badung dipilih sebagai tempat memamerkan produk lokal kami karena memang sejak lama Pemkot Bandung dan Pemkab Badung sudah menjalin kerja sama yang baik. Badung adalah hub ekspor bagi Kota Bandung,” ucapnya.

Ia berharap, Pasar Minggu Bandung dapat membuka peluang lebih luas bagi para pelaku usaha lokal Kota Bandung untuk memasarkan produk-produknya hingga pasar internasional.

“Kami mengajak kepada semua warga Kabupaten Badung khususnya dan masyarakat Bali, untuk datang mengunjungi Pasar Minggu Bandung 2024. Sebelum berwisata ke Kota Bandung, tidak ada salahnya warga di sini berkenalan dulu dengan produk lokal Kota Bandung,” ujarnya.

Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah dan Perdagangan Kabupaten Badung I Made Widiana mengapresiasi kepada Pemkot Bandung yang telah memilih wilayah Bali untuk destinasi gelaran Pasar Minggu Bandung edisi 2024. Ia berharap, kegiatan ini bisa berlanjut.

Selain itu, Widiana menyebut tahun depan berencana menggelar acara yang sama di Kota Bandung.

“Kami sudah mengagendakan 20 UMKM (untuk menggelar acata serupa). Semoga dapat membalas acara buka di Kota Bandung,” katanya.

Pada kesempatan tersebut, Eko yang merupakan salah satu pemilik UMKM peserta Pasar Minggu Bandung merasa sangat senang dapat terpilih mewakili Kota Bandung pada acara ini. Pemilik jenama Cikopi Mang Eko yang menjual produk kopi khas Kota Bandung ini juga mengaku optimis, produknya dapat digemari oleh masyarakat di sekitar Bali.

“Di sini pecinta kopinya juga banyak. Harapannya, ini bisa jadi momen produk kami naik kelas,” ucapnya.

Baca Lainnya

Topik Populer

Berita Populer