Selasa, 14 November 2017 19:51

Bandung Barat Kembangkan Sistem Penjaminan Mutu Internal di Sekolah

News Bandung Barat Cermat
Abubakar menghadiri Ekpose Sekolah Model SPMI di Gedung Serbaguna SMPN 3 Lembang
Abubakar menghadiri Ekpose Sekolah Model SPMI di Gedung Serbaguna SMPN 3 Lembang [Limawaktu]

Limawaktu.id - Kualitas pendidikan formal di sekolah-sekolah menjadi perhatian serius Pemerintah Kabupaten Bandung Barat, dengan menggandeng Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) untuk mengembangkan sekolah model dengan Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) yang menerapkan siklus penjamin mutu internal secara sistemik, holistik dan berkelanjutan serta mandiri.

Hal itu terungkap dalam Ekpose Sekolah Model SPMI yang berlangsung di Gedung Serbaguna SMPN 3 Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Selasa (14/11).

Hadir dalam ekpose tersebut Bupati Bandung Barat H. Abubakar yang didampingi Elin Suharliah. Dalam sambutannya Abubakar berharap sekolah model SPMI mulai dari jenjang SD, SMP, SMA dan SMK di KBB bisa memacu prestasi pelajar dan mengharumkan nama baik serta menjadi acuan sekolah lain, "Sekolah model SPMI  yang menerapkan siklus penjamin mutu internal, secara sistematik, holistik dan berkelanjutan sehingga tumbuh berkembang mandiri", katanya.

Sementara itu, Kepala Bidang SMP Disdik KBB Juhro menyampaikan bahwa Kabupaten Bandung Barat akan bekerja sama dengan LPMP dalam melaksanakan program sekolah model ini. Kedepan kita akan mendirikan sekolah model di tiap kecamatan minimal tiga sekolah baik jenjang SD,SMP maupun SMA,

"Saya berharap kepada dinas maupun stakeholder yang terkait untuk segera merencanakan dan merealisasikan program sekolah model ini, demi terwujudnya sekolah yang baik dan patut ditiru oleh semua sekolah yang berada di Kabupaten Bandung Barat", ucapnya.

Sekolah yang menjadi model tahun 2017 di KBB yaitu sepuluh Sekolah Dasar Negeri (SDN), empat Sekolah Menengah Pertama (SMP), satu Sekolah Menengah Atas (SMA) dan satu Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di antaranya :

  1. SDN Tresnajaya Cikalongwetan
  2. SDN Sukamanah Sindangkerta
  3. SDN Sukamaju Ngamprah
  4. SDN Sariwangi Parongpong
  5. SDN Karangmulya
  6. SDN Harapan Mekar Cisarua,
  7. SDN Cibeureum Cipongkor
  8. SDN 2 Sudimampir Padalarang
  9. SDN 1 Kayuambon Lembang
  10. SDN 1 Cihampelas
  11. SMPN 3 lembang
  12. SMPN Rongga
  13. SMPN Cililin
  14. SMP Darul Falah 1 Cihampelas
  15. SMAN 1 Rongga serta SMKN 1 Cipendeuy. (jk)
Rustan Abubakar Al Iskandari
Rustan Abubakar Al Iskandari

Sae

14 November 2017 14:09 Balas