Selasa, 30 April 2019 11:02

Balad Badega Siap Jaga Lingkungan Sayati

Reporter : Fery Bangkit 
Anggota Balada Badega saat berfoto bersama
Anggota Balada Badega saat berfoto bersama [ferybangkit]

Limawaktu.id - sampah menjadi salah satu persoalan yang sulit diurai hingga kini di daerah Sayati, Kabupaten Bandung. Prilaku buang sampah sembarangan menjadi salah satu penyebabnya.

Untuk meminimalisir dan mengantisipasi hal itu, Pemerintah Desa (Pemdes) Sayati, Kabupaten Bandung membentuk Balad Badega, belum lama ini. Balad Badega akan bertugas menjaga kebersihan lingkungan.

"Kebersihan tetap diutamakan. Tapi selain soal kebersihan, Balad Badega juga akan bertugas dari sisi sosial hingga keamanan," kata Kepala Desa Sayati, Nandar Kusnandar.

Dikatakannya, Balad Badega merupakan kader lingkungan, kader konservasi dan kader resinitasi yang maksud tujuannya membantu masyarakat mengontrol tentang kondisi lingkungan. Selain tentunya akan menjadi agen edukasi bagi masyarakat.

”Mereka juga yang akan memberikan edukasi tentang lingkungan, dan hal-hal lainnya kepada masyarakat,” imbuhnya.

Balad Badega sendiri sebetulnya sudah tercetus sejak beberapa bulan yang lalu. Namun, baru resmi menjadi Balad Badega setelah dikukuhkan oleh Kepala Desa Sayati di Character Building Kementerian Perhubungan (Kemenhub) 27-28 April 2019. 

Dalam pengukuhan itu, sebanyak 24 orang mengikuti Pendidikan dan Pelatihan Dasar (Diklatsar) Balad Badega yang juga dihadiri oleh Badega Lingkungan Kabupaten Bandung, serta Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bandung, Asep Kusumah.

"Diharapkan, kehadiran Balad Badega bisa menjadi pelopor perwilayah membantu tugas Badega Lingkungan sekaligus mewujudkan cita-cita Kabupaten Bandung bersih sampah 2020," pungkasnya.

Baca Lainnya