Senin, 20 Mei 2019 15:56

Bala bala menjadi Makanan Wajib Berbuka Ajay M Priatna

Penulis : Bubun Munawar

Limawaktu.id - Berpuasa di bulan ramadan tak sekedar menjadi rutinitas dalam kewajiban menjalankan agama Islam semata, namun ada berbagai cerita menarik didalamnya, seperti diungkapkan Wali Kota Cimahi Ajay M Priatna.

Menurut Ajay yang sudah terbiasa menjalankan puasa sejak usia 7 tahun ini, nuansa puasa ramadan banyak menyimpan pengalaman menarik, apalagi saat masa kecil yang dijalaninya di Rancaekek Kebupaten Bandung.

“Waktu kecil seperti teman susia saat ramadan biasanya kita mengumpulkan makanan, sejak waktu ashar kita sudah berada di masjid untuk menunggu saat tibanya waktu berbuka, atau bermain pedang-pedangan di kebun bambu, baju lebaran sejak dua hari juga sudah didekap, ” katanya mengenang.

Kebiasaannya menjalankan puasa sejak kecil menjadi modal bagi Ajay M Priatna dalam mendidik anak-anaknya menjalankan Rukun Islam ini. Ajay mengaku anak-anaknya tak seperti anak gaul lainnya, mereka lebih banyak dirumah.

“Ya kadang anak saya rajin beribadah kadang ada malasnya juga, tapi saya tetap memberikan bimbingan,” jelasnya.

Soal menu berbuka, Ajay mengaku bala-bala dan teh manis menjadi makanan wajib yang harus ada setiap berbuka puasa sebelum menikmati makan berat. Kebiasaan ini sudah berjalan selama lebih dari 6 tahun.

“Lucunya, saat saya melakukan Tarling, entah info dari mana waktu buka puasa bersama bala-bala, gehu atau batagor menjadi makanan pembuka puasa saya di beberapa tempat Tarling.” ucapnya.

Baca Lainnya