Sabtu, 19 Agustus 2023 20:30

Babinsa Kodim 0618/Kota Bandung Amankan Granat Temuan Warga Padasuka

Reporter : Bubun Munawar
Babinsa Kodim 0618/Kota Bandung mengamankan granat yang seorang pekerja bangunan di RT. 04 RW  16 Kelurahan Padasuka Kecamatan Cibeunying Kidul, Jum’at (18/8/2023)
Babinsa Kodim 0618/Kota Bandung mengamankan granat yang seorang pekerja bangunan di RT. 04 RW 16 Kelurahan Padasuka Kecamatan Cibeunying Kidul, Jum’at (18/8/2023) [Pendam III/Siliwangi]

Limawaktu.id, Bandung  - Sebuah granat  Tangan ditemukan secara tidak sengaja disalah satu rumah warga dijalan PHH Mustofa kelurahan Padasuka, Kecamatan Cibeunying Kidul Kota Bandung.

Menurut Dandim 0618/Kota Bandung Kolonel Inf. Donny Ismuali Bainuri S.Hub, Int. M.A.S.S.S., granat tersebut pertama kali ditemukan oleh seorang pekerja bangunan bernama Yudha (21) yang sedang membersihkan puing bangunan di rumah Abraham, warga RT. 04 RW  16 Kelurahan Padasuka Kecamatan Cibeunying Kidul.

"Pada Jum’at (18/8/2023), sekitar  pukul 17.00 WIB, Yudha secara tidak sengaja menemukan sebuah kotak VCD yang didalamnya berisi sebuah Granat, karena bingung selanjutnya Yudha langsung melaporkan penemuan Granat tersebut kepada Ketua RW setempat," jelas Donny dalam keterangan tertulis yang diterima Limawaktu.id, Sabtu (19/8/2023).

Dia menjelaskan, granat tersebut dalam keadaan sudah berkarat dan tidak kelihatan Nomor Lot dan Registrasi lainnya, selanjutnya hasil temuan dilaporkan kepada Babinsa kelurahan Padasuka.

"Setelah mendapat laporan, Danramil beserta anggota dan Staf Intel Kodim 0618/Kota Bandung mendatangi lokasi untuk melakukan pemeriksaan," ucap Dandim.

Granat Jenis K75 tersebut untuk sementara diamankan di Makodim 0618/Kota Bandung yang selanjutnya akan diserahkan ke Paldam III/Siliwangi.

Lebih lanjut Dandim mengatakan dengan adanya temuan granat di rumah warga, Dandim menghimbau kepada masyarakat agar tidak menyimpan baik munisi maupun bahan peledak lainnya karena dapat membahayakan jiwa.

"Apabila ada yang menemukan atau masih menyimpan munisi atau bahan peledak agar segera dilaporkan ke Aparat setempat agar tidak disalahgunakan," tuturnya.

Baca Lainnya