Senin, 27 Mei 2019 14:44

Babay Loncat, Bambang Tewas Terjepit Kabin Truk

Reporter : Fery Bangkit 
Kecelakaan tunggal terjadi di Jalan Cipatat-Cianjut, Kampung Cisaladah, Desa Gunungmasigit, Cipatat, Kabupaten Bandung Barat (KBB) pada Senin (27/5/2019) sekitar pukul 04.00 WIB.
Kecelakaan tunggal terjadi di Jalan Cipatat-Cianjut, Kampung Cisaladah, Desa Gunungmasigit, Cipatat, Kabupaten Bandung Barat (KBB) pada Senin (27/5/2019) sekitar pukul 04.00 WIB. [ferybangkit]

Limawaktu.id - Kecelakaan tunggal terjadi di Jalan Cipatat-Cianjur, Kampung Cisaladah, Desa Gunungmasigit, Cipatat, Kabupaten Bandung Barat (KBB) pada Senin (27/5/2019) sekitar pukul 04.00 WIB. 

Kali ini, sebuah truk kontainer bernomor polisi B 9136 UQ masuk ke dalam parit saat waktu sahur. Kondisi bagian depan truk rusak parah, bahkan ringsek total dan mengakibatkan sopir truk bernama Bambang (35) meninggal dunia karena terjepit di kabin truk selama tujuh jam.

Baca Juga : Keluarga Bingung Jelaskan Kronologis Pasti Meninggalnya Samsyuddin, Polisi Jawabnya Begini!

Kanit Lakalantas Polres Cimahi, Ipda Erin Heriduansyah mengatakan, kendaraan truk itu melaju dari Cikalong Wetan menuju Cianjur mengirimkan muatan. Namun saat di Tempat Kejadian Perkara (TKP), truk mengalami malfungsi rem.

"Remnya baru di servis jadi masih keras, sehingga tidak bisa mengantisipasi turunan di sini," katanya, Senin (27/5/2019).

Baca Juga : Kecelakaan di Jalur Maut Kolonel Masturi, 2 Orang Tewas di Tempat

Korban meninggal dunia baru bisa dievakuasi sekitar pukul 10.50 WIB. Proses evakuasi sempat terhambat. Sebab saat mendatangkan dua alat berat (crane) terhalang kepadatan lalu lintas di wilayah Padalarang.

Sebelum mengangkat kabin truk, petugas memasang katrol untuk mengangkat kontainer. Sebab, kabin truk ringsek akibat terhimpit kontainer yang akan diantar ke Cianjur itu.

Baca Juga : Sopir Penyebab Kecelakaan Maut di Jalan Kolmas Ditetapkan Tersangka, ini Alasan Polisi!

Saat diangkat, Bambang sudah tak bernyawa. Jenazahnya ditemukan dalam kondisi telungkup, sementara kakinya terjepit besi di kabin truk.

"Satu lagi korban bernama Babay, ia melompat sebelum truk masuk ke parit. Alhamdulillah masih selamat, walau mengalami patah kaki," kata.

Setelah dievakuasi, jenazah Bambang segera dibawa mobil ambulans. Polisi pun meminta warga untuk membubarkan diri. "Saat ini penyebab pastinya masih didalami Unit Laka Lantas, namun dugaan sementara karena mekanisme rem yang tak berfungsi dengan laik," katanya.

Kepadatan kendaraan sempat terjadi akibat kecelakaan ini. Antrean kendaraan sepanjang kurang lebih tiga kilometer terjadi dari arah Padalarang, tepatnya di Jalan Raya Padalarang, Situ Ciburuy hingga Kampung Cisadalah, Cipatat.

Sementara dari arah sebaliknya, antrean kendaraan terjadi sepanjang kurang lebih dua kilometer tepatnya sejak Kampung Cibogo, Desa Citatah. Tampak sejumlah kendaraan baik roda dua atau empat tertahan di sekitar lokasi kejadian.

"Kepadatan kendaraan tak akan terhindarkan karena kami menggunakan dua alat berat untuk mengevakuasi korban," kata Erin.

Untuk mengantisipasi kepadatan, petugas pun memberlakukan buka tutup jalur terutama bagi kendaraan roda dua di lokasi kejadian. Hingga pukul 10.30 WIB proses evakuasi masih dilakukan oleh petugas.

Baca Lainnya